Home Hukum Awal Tahun 2024, 153 Calon Advokat Ikut PKPA Peradi Jakbar-Ubhara Jaya

Awal Tahun 2024, 153 Calon Advokat Ikut PKPA Peradi Jakbar-Ubhara Jaya

Jakarta, Gatra.com – DPC Peradi Jakarta Barat (Jakbar) kembali menghelat Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA). PKPA Angkatan XXII pada awal tahun 2024 ini digelar bersama Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) pada12–28 Januari 2024.

Wakil Ketua Umum (Waketum) DPN Peradi, H. Sutrisno, S.H.,M.H., mengatakan, PKPA DPC Peradi Jakbar adalah salah satu yang terbaik di DPN Peradi. Ia mengharapkan lulusan PKPA angkatan ini bisa menjadi advokat yang mampu menegakkan keadilan dan kebenaran.

Sutrisno yang membuka PKPA Angkatan XXII DPC Peradi Jakbar-Ubhara Jaya tersebut, lebih lanjut menyampaikan, sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2023 tentang Advokat, Peradi merupkan satu-satunya wadah (single bar) organisasi advokat yang berwenang menyelenggarakan PKPA.

Ketua DPC Peradi Jakbar, Dr. Suhendra Asido Hutabarat, S.H., S.E., M.M., M.H., menyampaikan, Peradi di bawah kepemimpinan Prof. Otto Hasibuan adalah sebagai wadah tunggal organisasi advokat (single bar).

“Peradi sebagai satu-satunya organisasi advokat yang diakui oleh Undang-Undang Advokat,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya selalu menghadirkan para pengajar yang mumpuni untuk mencetak calon-calon advokat andal, berintegritas, dan profesional. Sedangkan untuk bisa lulus menjadi advokat, itu tergantung pada masing-masing calon advokat.

“Karena kita memiliki standar kelas yang terbaik dan juga menetapkan 'zero' KKN. Kami berharap semua peserta bisa lulus Ujian Profesi Advokat (UPA) nantinya dan menjadi advokat dan rekan sejawat kami,” ujarnya.

Ketua Bidang PKPA, Sertifikasi, dan Kerja Sama Universitas DPN Peradi, Dr. Ir. Firmanto Laksana Pangaribuan, S.H., M.M., M.H., secara daring menyampaikan, sangat tepat peserta memilih PKPA yang digelar Peradi di bawah kepemimpinan Ketua Umum (Ketum) Prof. Otto Hasibuan.

“Dengan pengajar yang berkualitas dan materi yang disampaikan nanti, diharapkan peserta mempergunakan waktu sebaik-baiknya untuk meningkatkan ilmu hukum sebagai advokat,” kata Firmanto.

Ketua Panitia PKPA Angkatan XXII DPC Peradi Jakbar-Ubhara Jaya, Fortuna Alvariza, S.H., M. H., mengatakan, jumlah peserta PKPA DPC Peradi Jakbar-Ubhara Jaya sebanyak 154 orang.

“Selamat kepada semua peserta yang sudah memilih kelas PKPA yang diselenggarakan di bawah DPN Peradi di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Otto Hasibuan,” kata Fortuna.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Ubhara Jaya, Brigjen Polisi (Purn) Dr. H. Syahrir Kuba, S.Sos, SIK, M.M, M.H., mengatakan, advokat merupakan profesi yang mulia dan memberikan jasa hukum, baik di dalam dan luar pengadilan.

“DPC Peradi Jakarta Barat sudah lama bekerja sama dengan Ubhara Jaya dalam penyelenggaraan kelas PKPA,” katanya.

PKPA dilaksanakan oleh organisasi advokat sesuai ketentuan UU Advokat. Ia mengharapkan para peserta terus mengembangkan diri selama mengikuti PKPA sehingga menjadi advokat andal, profesional, dan berintegritas serta siap membantu rakyat pencari keadilan.

“PKPA memberikan bekal pengetahuan hukum, keterampilan hukum yang diterima oleh calon advokat sehingga nantinya menjadi dvokat yang profesional,” ujarnya.

Acara pembukaan PKPA Angkatan XXII pada awal tahun 2024 ini juga dihadiri Wakil Ketua I DPC Peradi Jakbar, Nurkholis Cahyasa, S.H., M.H.; Wakil Ketua III DPC Peradi Jakbar, Ardian Rizaldi, S.H.; Dekan Ubhara Jaya, Dr.Rr. Dijan Widijowati, S.H., M.H.; dan segenap panitia PKPA Angkatan XXII tahun 2024.

194