Home Ekonomi BI Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi RI Bisa Tembus 5,5 Persen pada 2024

BI Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi RI Bisa Tembus 5,5 Persen pada 2024

Jakarta, Gatra.com - Bank Indonesia (BI) menilai pemulihan ekonomi Indonesia terus berlanjut ditopang oleh permintaan domestik. Pada 2024, pertumbuhan ekonomi RI diprakirakan meningkat dalam kisaran 4,7 hingga 5,5%.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan bahwa, peningkatan pertumbuhan ekonomi RI tersebut didukung oleh permintaan domestik utamanya berlanjutnya pertumbuhan konsumsi.

“Termasuk dampak positif penyelenggaraan pemilu, serta peningkatan investasi khususnya bangunan sejalan dengan berlanjutnya pembangunan PSN termasuk Ibu Kota Nusantara (IKN),” kata Perry dalam acara Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur BI Bulan Januari 2024, pada Rabu (17/1).

Sementara itu, kinerja ekspor diprakirakan belum kuat sebagai dampak perlambatan ekonomi global dan penurunan harga komoditas. Berdasarkan Lapangan Usaha (LU), prospek LU Industri Pengolahan, Perdagangan Besar dan Eceran, Informasi dan Komunikasi, Konstruksi, serta Transportasi dan Pergudangan diprakirakan tetap tumbuh baik.

Sementara secara spasial, pertumbuhan yang baik diprakirakan terjadi di seluruh wilayah, terutama Sulawesi-Maluku-Papua (Sulampua) sejalan dengan dampak positif hilirisasi mineral, serta Jawa akibat permintaan domestik yang masih kuat.

“Ke depan, Bank Indonesia akan terus memperkuat sinergi stimulus fiskal Pemerintah dengan stimulus makroprudensial Bank Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya dari sisi permintaan domestik,” pungkasnya.

18