Home Pemilu 2024 KPU Batam Yakin Partisipasi Masyarakat Tinggi di Pemilu 2024

KPU Batam Yakin Partisipasi Masyarakat Tinggi di Pemilu 2024

Batam, Gatra.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam mengklaim tahapan Pemilu 2024 telah berjalan semestinya saat menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama jurnalis, Sabtu (20/1). Pihak penyelenggara juga yakin partisipasi masyarakat meningkat pada pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Ketua Bidang Hukum dan Pengawasan KPU Batam, Bosar Hasibuan, mengatakan, konstitusi Republik Indonesia telah mengatur setiap warga negara berhak memilih atau dipilih. Sehingga Daftar Pemilih Tetap (DPT) harus terus dimutakhirkan agar masyarakat mendapatkan hak pilihnya.

"Berdasarkan PKPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 sehingga masyarakat mendapat hak pilihnya sesuai ketentuan yang berlaku di negara ini," katanya.

Di Kota Batam, kata Bosar, ada sekitar 851.614 orang yang terdaftar sebagai DPT, jumlah itu berada di 64 kelurahan yang tersebar di 12 kecamatan. Para pemilih nantinya akan terdaftar di 3.241 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Daftar pemilih di Batam masih didominasi oleh laki-laki sebanyak 425.804 orang dan pemilih perempuan ada sebanyak 425.810 orang yang berhak memberi hak suara pada 14 Februari 2024 nanti. Untuk daftar partai politik yang lolos Pemilu 2024 ada sekitar 18 Parpol," terangnya.

Bosar menyebut, fungsi pemilihan umum adalah sarana kedaulatan rakyat untuk memilih presiden dan wakil presiden, serta kepala daerah dan legislatif yang dilaksanakan secara langsung di wilayah Indonesia. Prinsip ini harus terus dijaga sebagai negara demokrasi.

"Kekuasaan di setiap negara demokrasi terbagi tiga, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif semua harus sejalan berdasarkan undang-undang. Mengingat secara tata negara semua harus sejalan dengan ketentuan," ujarnya

Untuk pelayanan kepada daftar pemilih yang memiliki kebutuhan khusus, KPU tetap memberikan hak suara untuk memilih calon dan akan didampingi oleh anggota keluarganya, serta petugas KPPS di setiap kelurahan dan kecamatan yang ada.

45

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR