Home Gaya Hidup Kuliner Festival Matsuri dan Fesyen Jepang Hadir di Jakarta

Kuliner Festival Matsuri dan Fesyen Jepang Hadir di Jakarta

Jakarta, Gatra.com – Para penikmat kuliner dan fesysen Jepang di Tanah Air, khususnya Jakarta, dapat mencoba aneka hidangan makanan tradisional berbagai musim dalam pengaturan karnaval atau festival lokal tradisional Matsuri ala Negeri Sakura.

Direktur PT Astowa Food Internasional, Kenji Takahashi, dalam keterangan pers, Selasa (30/1), menyampaikan, pihaknya menyajikan kuliner dan fasyen asal Negeri Sakura tersebut dalam konsep “The Moving Restaurant” di Kuningan City Mall Lantai 3, Jl. Prof. Dr. Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan (Jaksel).

Kenji Takahashi mengatakan, event pertama kali di Indonesia ini akan berlangsung selama 16 hari, mulai 27 Januari sampai dengan 11 Februari 2024. Gelaran ini dibuka mulai pukul 11.00–22.00 WIB setiap harinya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, pihaknya sebagai pelopor inovasi kuliner Jepang, siap merevolusi pengalaman bersantap dengan memperkenalkan konsep inovatif, yakni “The Moving Restaurant”.

Menurutnya, ini didesain untuk membawa para penikmat makanan dalam perjalanan melalui berbagai musim di Jepang dengan menggunakan teknologi mutakhir dalam konten pemetaan proyeksi digital karya Ohtani Designs Pte. Ltd. dari Jepang.

Melibatkan indera penglihatan, pendengaran, peraba, penciuman, dan perasa, para penikmat makanan dapat merasakan kepuasan dan pengalaman yang lebih tinggi dari makanan tradisional.

Astowa menghadirkan perjalanan kuliner yang mendalam dengan menyajikan hidangan Jepang lokal yang disesuaikan dengan musim di Jepang dalam pengaturan karnaval lokal tradisional (Matsuri).

“The Moving Restaurant” dibuka dengan menampilkan pengungkapan koleksi terbaru Fall/Winter 2024 dari label fashion pioneer di Indonesia, (X) S.M.L. Dalam perpaduan teknologi dan haute couture, fashion show revolusioner ini akan memanfaatkan teknik proyeksi video mapping terkini untuk meningkatkan pengalaman di atas landasan tradisional.

Presentasi mendalam ini untuk membawa pengunjung ke dunia fashion dan seni digital menyatu dengan mulus. Teknologi proyeksi mapping menambah dimensi cerita, menghidupkan desain yang dinamis dan memukau secara visual.

Ia menyebut bahwa ini merupkan Revolusi Fashion Show dengan menghadirkan koleksi X (S.M.L) Fall Winter 2024 dan proyeksi digital video mapping revolusioner karya Ohtani Design dari Jepang.

“Penggunaan digital projection video mapping memungkinkan kami untuk lepas dari batasan pameran tradisional, menawarkan perjalanan yang unik dan tak terlupakan melalui seni teknologi proyeksi terkini,” kata Kenji Takahashi.

Konsep ini merevolusi gagasan pengalaman menikmati kuliner Jepang yang biasa, memberikan pendekatan baru dan mendebarkan terhadap kenikmatan gastronomi.

Menurutnya, ini bukan hanya tentang makanan, namun juga menciptakan momen tak terlupakan saat para penikmat makanan menjelajahi pengaturan Karnaval Matsuri, untuk meresapi kelezatan kuliner dan keindahan visual.

The Moving Restaurant didukung oleh tiga perusahaan besar. Pertama, Astowa Food Indonesia yang berdiri sejak 7 tahun yang lalu di Indonesia. Astowa memiliki dua restoran sebagai anak perusahaan, yakni Sumibi Japanese dan Kurune Japanese. Kedua restoran tersebut menyajikan makanan khas Jepang yang otentik dan bercitarasa tinggi yang dimasak langsung oleh chef profesional dari Jepang.

Saat ini, lanjut Kenji Takahashi Sumibi sudah berhasil membuka dua gerai, yani di 1 Park Residences Lt. GF, Jl. KH. M. Syafii. Hadzami Gandaria, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dan Cikarang di Jl. Kemang Boulevard Kav. 07 Lippo Cikarang, Bekasi.

“Di tahun 2024, PT Astowa Food Indonesia akan membuka gerai kembali di 57 Promenade Apartemen, Jl. Teluk Betung I No.57, Tanah Abang, Jakarta Pusat,” katanya.

Kedua, Ohtani Design Co. Ltd., perusahaan digital dari Jepang yang menyuguhkan teknologi digital video mapping 3D futuristik. Perusahaan ini terlibat langsung dalam produksi visual, termasuk proyeksi pemetaan dan video kreasi untuk berbagai perusahaan, konten film, branding, serta proyek instalasi Disney, Parco dan lain-laoin. Ketiga, X (S.M.L), adalah brand fesyen terkemuka pelopor bidang fesyen yang sudah terkenal di Indonesia dan sudah go Internasional.

Event 'The Moving Restaurant' ke depannya akan diselenggarakan di berbagai lokasi di Jakarta yang akan memberikan pengalaman berbeda bagi penikmat kuliner Jepang,” katanya.

Adapun tiket masuk event tersebut dijual secara hybrid, yakani daring dan luring dengan range harga weekday pengunjung dewasa seharga Rp150.000 per orang dan anak-anak Rp70.000 per orang.

Sedangkan untuk weekend, tiket masuk untuk pengunjung dewasa seharga Rp180.000 per orang dan anak-anak Rp90.000 per orang. Khusus tiket dewasa akan mendapatkan saldo 500 yen uang The Moving Restaurant yang dapat ditukarkan dengan makanan yang disajikan di masing-masing stall.

 

 

“Pengunjung dapat melakukan pembelian saldo mereka di money changer yang sudah disediakan di lokasi acara,” ujarnya.

93