Home Teknologi Solusi AI Bagi Perusahaan, Alibaba Cloud Luncurkan Solusi Nirserver

Solusi AI Bagi Perusahaan, Alibaba Cloud Luncurkan Solusi Nirserver

Singapura, Gatra.com– Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi digital dan kecerdasan dari Alibaba Group, meluncurkan versi nirserver dari Platform Machine Learning untuk AI (PAI)-Elastic Algorithm Service (EAS). Platform ini dirancang untuk menawarkan solusi yang efisien secara biaya untuk penyebaran model dan inferensi bagi individu dan perusahaan.

Alibaba Cloud juga mengumumkan integrasi terbaru dari teknologi vector engine-nya ke dalam lebih banyak penawaran produk, termasuk gudang data Hologres, layanan pencarian Elasticsearch dan Opensearch, dalam acara AI & Big Data Summit perdananya di Singapura.

Integrasi ini dirancang untuk memudahkan perusahaan mengakses berbagai large language models (LLM) dan membangun aplikasi AI generatif yang dapat disesuaikan. 

​​​​​​Baca juga: Mimpi Buruk AI Mulai Nyata, Pencuri Trafik Berkeliaran

"Menjadi langkah signifikan dalam misi kami untuk menyediakan solusi inovatif yang mendefinisikan ulang kemungkinan AI di berbagai aplikasi,” ujar Chief Technology Officer (CTO), Alibaba Cloud, Zhou Jingren saat berbicara dalam Summit seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa (30/1).

Platform PAI-EAS memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan sumber daya komputasi sesuai kebutuhan, sehingga tidak perlu lagi mengawasi pengelolaan dan pemeliharaan server fisik atau virtual.

Selain itu, pengguna hanya akan ditagih untuk sumber daya komputasi yang mereka gunakan, sehingga menghasilkan pengurangan biaya sebesar 50% dalam biaya inferensi jika dibandingkan dengan model penetapan harga tradisional.

Penawaran nirserver, yang saat ini sedang dalam tahap beta testing, dapat diakses untuk  penggunaan model pembuatan gambar. Pada bulan Maret, versi nirserver dijadwalkan akan memperluas kemampuannya untuk mendukung penerapan open-source large language models (LLM) dan komunitas model AI Alibaba, ModelScope.

Baca juga: Era Mobile AI Dimulai, Samsung Hadirkan Galaxy AI dari Portal Sphere Las Vegas

Ini termasuk model yang disesuaikan untuk tugas seperti segmentasi gambar, pembuatan ringkasan, dan pengenalan suara. Dengan layanan LLM, jasa pelatihan dan teknologi vector engine, Alibaba Cloud dapat mendukung proses Retrieval-Augmented Generation (RAG), memungkinkan perusahaan meningkatkan LLM dengan basis pengetahuan mereka, untuk hasil yang lebih baik.

Ini berarti peningkatan akurasi, percepatan pengambilan informasi yang relevan, dan wawasan yang lebih mendalam bagi perusahaan yang berkontribusi pada peningkatan efisiensi dan kemampuan pengambilan keputusan di berbagai aplikasi.

“Alibaba Cloud masih berada di garis terdepan inovasi teknologi AI dan cloud. Pembaruan teknologi kami mencerminkan komitmen kami untuk memberdayakan perusahaan dengan solusi berbasis kecerdasan terkini demi efisiensi dan kinerja yang lebih tinggi," jelas Zhou.

Alibaba Cloud juga mengumumkan pembaruan pada layanan big data-nya, yang disebut MaxCompute MaxFrame, kerangka kerja pemrosesan data Python yang terdistribusi untuk memenuhi permintaan yang semakin meningkat untuk pra-pemrosesan data dan analisis data offline/online dalam tugas komputasi yang berkaitan dengan AI.

Hal ini memungkinkan pengguna memproses jumlah data yang besar dengan lebih efisien dan fleksibel dengan meluncurkan tugas AI seperti pelatihan LLM.

Untuk meningkatkan kreativitas di kalangan desainer, Alibaba Cloud memperkenalkan PAI-Artlab, platform komprehensif untuk pelatihan model dan pembuatan gambar. Solusi ini memberdayakan desainer untuk dengan cepat menghasilkan desain berstandar profesional dan mengungkap potensi kreatif yang lebih besar.

Para desainer dapat memanfaatkan platform ini untuk menghasilkan gambar desain untuk berbagai aplikasi, termasuk desain interior rumah, poster promosi produk, penciptaan karakter permainan, dan pengembangan game.

Platform ini juga menyediakan ekosistem alat siap pakai untuk memungkinkan desainer tanpa latar belakang pemrograman dapat mengembangkan dan melatih model kustom yang menghasilkan gambar sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka.

Saat ini, platform ini beroperasi di Cina daratan dan dijadwalkan untuk beroperasi di wilayah Singapura dalam beberapa bulan mendatang.

​​​​​​Baca juga: Surat Edaran Menkominfo Tentang Etika AI Dapat Melengkapi UU ITE

Dalam sebuah langkah penting tahun lalu, Alibaba Cloud meningkatkan seluruh rangkaian solusi database, termasuk database cloud-native PolarDB, gudang data cloud-native AnalyticDB, dan database cloud-native multi-model Lindorm, dengan mengintegrasikan teknologi vector engine propertinya untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan secara signifikan.

Vector engine mentransformasi teks dan data ke dalam ruang berdimensi tinggi, mengoptimalkan kinerja AI dengan menyematkan konteks, yang terstruktur dan tidak terstruktur, dalam jumlah besar dengan cara yang kompleks namun efisien. canggih

Ini memfasilitasi dan menyederhanakan tugas seperti perbandingan kemiripan dan analisis semantik, terutama yang bermanfaat bagi LLM dan memajukan berbagai fungsionalitas AI yang canggih.

99