Home Regional Daftar Desa yang Ikut PTSL di Purworejo, Jateng Tahun 2024

Daftar Desa yang Ikut PTSL di Purworejo, Jateng Tahun 2024

Purworejo, Gatra.com - Kepala Kantor BPN Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Andri Kristanto mengatakan tahun 2024 ini ada 23 desa dari 7 kecamatan yang ikut dalam PTSL, dengan 4 tim ajudifikasi termasuk kepala desa (Kades) setempat. 

“Hanya bidang tanah yang tidak bermasalah, yang bisa jadi sertifikat, yang sudah bersertifikat tidak bisa (dipecah),” kata Andri usai melantik dan mengambil sumpah Panitia Ajudifikasi Pendaftaran Tanah Sistematis engkap (PTSL) Tahun 2024, Selasa (30/01).

"Sementara bidang tanah yang tidak bisa sertifikat antara lain bidang tanah tumpang tindih dengan aset pemerintah, badan hukum, aset pribadi, bidang tanah bersengketa dan berkonflik seperti sengketa waris atau berkonflik antar pihak. Desa adalah salah satu kunci keberhasilan PTSL. Setiap hari saya akan monev (monitoring dan evaluasi)," kata Andri.

Diketahui, tim ajudifikasi ini akan bertugas mulai sejak diambil sumpahnya, mulai hari ini, PTSL sudah dimulai. Kakan BPN Purworejo meminta agar ke-23 Kades segera menyampaikan ke warga agar mematok tanah miliknya yang akan disertifikatkan.

"Per 30 Januari 2024, seluruh warga yang ingin ikut PTSL harus memasang patok (batas bidang tanah). Nantinya kami juga akan ada program Gerakan Masyarakat Pasang Tanda Batas atau disingkat GEMAPATAS. Saya targetkan 30 September 2024 selesai 42.700 sertifikat, termasuk desa yang backloc (pernah ikut program PTSL sebelumnya) sejumlah 1.000 bidang. Jika nanti ada tambahan target (pendaftar), bisa masuk di tahun ini," kata Andri.

Sejak tahun 2022, PTSL melibatkan peran masyarakat (PTSL PM) dalam pengumpulan serta sebagai pelaksana proses pengumpulan data fisik dan data yuridis.

Mereka tergabung dalam kelompok masyarakat Puldatan (pengumpul data pertanahan) yang akan diberi pelatihan sehingga bisa menjadi fasilitator sekaligus pengumpul data pertanahan.

Pokmas Puldatan dibentuk di masing-masing desa yang ikut dalam program PTSL. Rincian anggotanya 1 orang pegawai BPN dan 9 non pegawai BPN. 

Dalam Pokmas Puldatan harus ada unsur Bhabinsa/Bhabinkamtibmas, perangkat desa, karang taruna dan keterwakilan perempuan.

Berikut daftar desa-desa yang ikut dalam progran PTSL PM tahun 2024:

KECAMATAN BAYAN

1 Desa Pogungjuru Tengah

KECAMATAN BENER

1. Desa Cacaban Lor

2. Desa Legetan

3. Desa Bener

4. Desa Pekacangan

5. Desa Medono

6. Dssa Kertosari

7. Desa Jati

8. Desa Bleber

9. Desa Mayungsari

10. Desa Kalijambe

KECAMATAN BRUNO

1. Desa Cepedak

2. Desa Gunung Condong

3. Desa Brunorejo

KECAMATAN GEBANG

1. Desa Kragilan

2. Desa Prumben

3. Desa Ngemplak

KECAMATAN KALUGESING

1. Desa Donorejo.

2. Desa Ngaran

KECAMATAN KEMIRI

1. Desa Gedong

2. Desa Rejosari

3. Desa Kroyo Lor

KECAMATAN PURWOREJO

1. Desa Sudimoro.

169