Home Teknologi Bitera, Data Center dengan Tingkat Keamanan Tertinggi Nyatakan Siap Beroperasi

Bitera, Data Center dengan Tingkat Keamanan Tertinggi Nyatakan Siap Beroperasi

Jakarta, Gatra.com – Bitera menyatakan bahwa data center dengan tingkat keamanan tertinggi siap beroperasi setelah merampungkan commissioning test tingkat 5 oleh Commissioning Agents Inc. (CAI).

CAI merupakan sebuah agen commissioning data center terkemuka yang berbasis di Amerika Serikat (AS) telah merampungkan commissioning test tingkat 5 yang dikenal sebagai Integrated Systems Testing (IST).

“Kami dengan bangga mengumumkan bahwa seluruh 5 tingkat commissioning Bitera telah berhasil diselesaikan,” kata Guillaume Berthet, Direktur APAC Layanan Data Center CAI dalam keterangan pers, Senin (5/2).

Ia menjelaskan, tidak hanya memenuhi persyaratan, tetapi juga melebihi parameter uji yang ketat, menjamin kinerja dan keandalan yang optimal. Prestasi ini menunjukkan komitmen Bitera untuk menyediakan fasilitas data center kelas dunia.

“Kami merasa terhormat ditunjuk oleh Bitera sebagai agen commissioning untuk data center flagship mereka,” kata Guillaume.

Adapun commissioning test tingkat 5 Biteria yang berbasis di Indonesia, tepatnya di area Kuningan yang merupakan pusat distrik bisnis Jakarta dan pertukaran internet utama telah rampung pada Januari lalu.

Bitera telah melayani klien pertamanya pada bulan yang sama dan akan mengadakan grand launching pada akhir Februari 2024. Bitera memiliki fasilitas 9 lantai yang impresif, menawarkan beban IT kritis sebesar 20 MW pada lebih dari 8.600 meter persegi area colocation dengan kapasitas hingga 4.000 rak.

Dengan status fasilitas Tier-III+, Bitera memberikan jaminan keandalan dan keamanan tinggi, disertai dengan fasilitas mewah dan premium seperti ruang rapat, ruang kantor, dan lounges untuk klien. Bitera telah memperoleh sertifikasi ISO 27001, Uptime Institute TCCD, dan akan mendapatkan sertifikasi TCCF pada akhir Februari 2024.

Nilai ekonomi digital Indonesia pada tahun 2022 mencapai $77 miliar dan diproyeksikan mencapai $360 miliar menurut laporan Structure Research. Hal ini menunjukkan potensi besar bagi industri data center untuk mendukung perkembangan ekonomi digital Indonesia.

Laporan Structure Research tersebut juga menyatakan bahwa kapasitas colocation di Jakarta diperkirakan akan tumbuh tiga kali lipat dari 152 MW menjadi 463 MW selama periode 2023–2028.

“Indonesia, khususnya Jakarta, telah memainkan peran penting dalam ekonomi digital di Asia Pasifik. Kehadiran kami selaras dengan visi misi kami yaitu untuk mendukung ekonomi digital Indonesia dan pertumbuhan berkelanjutan dengan menunjang digitalisasi bisnis lokal dan lembaga keuangan,” kata Tedy Harjanto, CEO Bitera.

Menurut Tedyn isu lingkungan menjadi perhatian khusus, Bitera berkomitmen untuk menerapkan langkah-langkah efisiensi energi guna mengurangi jejak karbon dalam rangka mendukung agenda pemerintah dalam mencapai Net Zero Emissions di Indonesia pada tahun 2060.

Bitera merupakan data center yang dibangun khusus dengan (Service Level Agreement (SLA) ketersediaan five9s, dilengkapi dengan 8 lapis akses dan keamanan 24/7/365, menjadikannya data center paling aman di pusat kota Jakarta.

Pasokan listrik disediakan dengan redudansi 2N dari 2 gardu induk yang terdiversifikasi. Bitera menggunakan peralatan terkini dan mengedepankan standar operasional yang solid.

Menempati lokasi strategis yang hanya berjarak 500 meter dari titik-titik pertukaran internet utama, Bitera menawarkan beragam pilihan penyedia jaringan dan konektivitas low latency kepada klien untuk melakukan operasi digital dengan lebih efisien. Fasilitas ini tidak hanya mengutamakan kecepatan tetapi juga memiliki fokus pada keberlanjutan.

Bitera memanfaatkan sistem pendinginan ramah lingkungan dan mencapai netral karbon melalui 100% pemanfaatan listrik dengan Renewable Energy Certificate (REC) yang berasal dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) listrik di Indonesia.

Dengan data center yang kini siap beroperasi, Bitera menantikan dengan antusias untuk menawarkan solusi data yang terdepan kepada klien untuk memenuhi dan melampaui harapan mereka.

Bitera adalah afiliasi dari MMS Group Indonesia, perusahaan manajemen aset berkelanjutan terkemuka di sektor energi dan properti dengan hampir 20 tahun kehadiran di Indonesia.

MMS Group Indonesia mendukung transisi energi yang adil, inklusif, dan berkelanjutan serta pengembangan sektor digital di Indonesia. MMSGI telah memenangkan berbagai penghargaan prestisius terkait dengan transisi energi berkelanjutan.

130