Home Pemilu 2024 Pangdam IV/Diponegoro All Out Dukung Polda Jateng Amankan Pemilu 2024

Pangdam IV/Diponegoro All Out Dukung Polda Jateng Amankan Pemilu 2024

Semarang, Gatra.com - Kodam IV/Diponegoro akan all out mendukung Polda Jawa Tengah (Jateng) mengamanan pelaksanaan Pemilu 2024.

Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI. Tandyo Budi Revita, menyatakan, pihaknya mempunyai personel TNI sebanyak 27.493 orang dan Bhabinsa di wilayah Jateng sebanyak 9.620 orang.

“Jawa Tengah adalah sentral yang akan menjadi pusat perhatian nasional, sehingga keamanan dan kesuksesan Pemilu menjadi hal yang tidak bisa ditawar lagi. Kami akan all out mendukung Polda Jateng semaksimal mungkin,” katanya pada Rapat Koordinasi Tahap Inti Pemilihan Umum Tahun 2024 yang digelar Polda Jateng di Kabupaten Semarang, Senin (5/2).

Guna mengantisipasi kejadian yang tidak diharapkan, lanjut dia, Pangdam IV/Diponegoro telah menyiapkan sebanyak 3.571 personel cadangan yang on call stand by dan siap digerakkan sewaktu-waktu.

Selain itu juga telah menyiapkan sebanyak 3.882 personel TNI untuk siap di bawah komando operasi (BKO) ke Polda Jateng.

“Pembagianya 3.732 orang personel TNI akan disebar ke semua Polsek. Di mana setiap Polsek akan didukung delapan Personel TNI, untuk Satgas Penindakan juga sudah menyiapkan dengan kekuatan 150 personel,”ujar Pangdam.

Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, dalam kesempatan sama menyatakan, untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024 telah mempersiapkan 22 ribu anggota TNI-Polri untuk pengamanan 117. 299 tempat pemungutan suara (TPS).

Menurut Kapolda Jateng, pihaknya sudah melakukan klasifikasi keamanan masing-masing TPS dengan perincian 9 TPS kategori sangat rawan, 549 TPS rawan, dan 116. 741 TPS kurang rawan.

“Klasifikasi TPS ini sudah kita detailkan, misalnya di TPS rawan pernah terjadi konflik, maka akan dijaga dua anggota Polri,” ujar.

139