Home Ekonomi Unilever Indonesia Catat Laba 4,8 Triliun di 2023

Unilever Indonesia Catat Laba 4,8 Triliun di 2023

Tangerang, Gatra.com- PT Unilever Indonesia, Tbk mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 38,6 triliun, laba bersih sebesar Rp 4,8 triliun, dan menghasilkan peningkatan Gross Margin sebesar 346 bps dibandingkan tahun 2022.

Benjie Yap, Presiden Direktur Terpilih PT Unilever Indonesia, Tbk. mengatakan, komitmen Unilever untuk memperkuat fundamental bisnis tetap menjadi prioritas utama sepanjang tahun 2023. "Pada kuartal 3 2023, bisnis kami mulai tumbuh dengan mencatatkan kenaikan penjualan domestik sebesar 3,3%, didorong oleh pertumbuhan volume dasar yang positif sebesar 4,3%," jelasnya.

Meski momentum positif ini terus berlanjut hingga bulan Oktober 2023, pada bulan November dan Desember dampak pergeseran sentimen yang disebabkan oleh situasi geopolitik mengakibatkan penjualan domestik tahun tutup buku Unilever di 2023 menjadi -5,2%. Namun, upaya konsisten perusahaan untuk menavigasi krisis ini telah mulai menunjukkan kemajuan pada Januari 2024.

Baca juga: Unilever Masuk Kategori Super FMCG di Shopee Super Brand 2023

"Ke depan, kami tetap berkomitmen untuk fokus pada pertumbuhan jangka panjang dengan secara konsisten melaksanakan lima prioritas strategis kami," paper Benjie. 

Kelima prioritas strategis Unilever Indonesia adalah memperkuat dan unlock potensi dari brand-brand utama. Kedua, memperluas portofolio ke premium dan value segment dan ketiga membangun execution powerhouse.

Baca juga: Transformasi Kepemimpinan, Ira Siap Memulai Peran Baru di Unilever

Lalu keempat memimpin kapabilitas transformasional; dan terakhir adalah menempatkan prinsip keberlanjutan sebagai inti dari Perseroan.

Konsern lain adalah melahirkan inovasi yang lebih berdampak untuk memenuhi kebutuhan konsumen di semua segmen, didukung oleh investasi media yang lebih tinggi.

Sepanjang tahun lalu, Perseroan telah memperkenalkan sejumlah inovasi di seluruh segmen inti, premium, dan value untuk memenuhi ekspektasi konsumen. Pada segmen premium, Perseroan memperkenalkan Lux Body Wash, Vaseline Gluta Hya, Magnum Matcha, dan Rinso Kapsul.

Sementara pada segmen value, Perseroan memperluas portfolio dengan meluncurkan Glow & Lovely dan Lifebuoy Dishwash Liquid, peluncuran keduanya melengkapi portfolio Perseroan di kategori Skin Cleansing dan Dishwash.

Baca juga: Penjualan Bersih Unilever Indonesia Tembus Rp10,2 Triliun di Q3 2023

Perseroan juga menjawab tantangan di kategori Beauty and Well-being dengan meluncurkan Ponds Bright Miracles dan memperkenalkan teknologi NIASORCINOL. Selain itu, untuk memenuhi permintaan yang tinggi akan produk Sun Care dan Serum di kategori perawatan tubuh, Perseroan meluncurkan Citra Body Serum dan Vaseline Sunscreen.

Seluruh inovasi, termasuk inovasi dari portfolio merek-merek inti Perseroan diluncurkan ke pasar didukung oleh adanya peningkatan belanja iklan yang substantial, mencapai 8,4% dari penjualan bersih Perseroan di tahun 2023.

57