Home Pemilu 2024 Prabowo-Gibran Rajai Survei CNN, Poltracking, dan Indikator

Prabowo-Gibran Rajai Survei CNN, Poltracking, dan Indikator

Jakarta, Gatra.com – Calon presiden-wakil presiden (Capres-Cawapres) 02, Prabowo Subian-Gibran Rakabuming Raka merajai beberap hasil survei terbaru, di antaranya Citra Network Nasional (CNN), Poltracking, dan Indikator.

Dalam survei Poltracking, elektabilitas Prabowo Subianto–Gibran Rakabuming Raka sebesar 50.9%. Sedangkan Anies Baswedan–Muhaimin Iskandar 25.1% dan Ganjar Pranowo–Mahfud MD 18.4%.

Adapun di survei Indikator, elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 51,8%. Di posisi kedua dihuni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) 24,1% dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 19,6%.

Sedangkan di survei Citra Network Nasional (CNN), elektabilitas Prabowo-Gibran 54,1%. Di posisi kedua, Ganjar Pranowo-Mahfud MD 30,3% dan Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) 11,4%. Sebanyak 4,2% tidak memilih.

Angka tersebut dari hasil pertanyaan tertutup yang diajukan kepada 2.100 responden yang memiliki hak pilih menggunakan kuisioner, yakni jika pemilihan presiden digelar hari ini dari ketiga pangan capres-cawapres siapa yang akan dipilih.

Sedangkan untuk pertanyaan terbuka, 34,4% memilih Prabowo-Gibran. Kemudian sebanyak 27,8% memilih Ganjar-Mahfud dan sebanyak 11,6% memilih Anies-Muhaimin. Sebanyak 26,2% tidak menjawab.

Direktur Eksekutif CNN, Robby Rosyadi, pada Jumat (9/2), menyampaikan, ini merupakan hasil survei terbaru bertajuk “Mengukur Preferensi Publik terhadap Capres-Cawapres jelang Pemilu 2024”.

Adapun tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), terutama dalam bidang perekonomian nasional, sebanyak 68,6% merasa puas dan sebanyak 31,4% tidak puas dan tidak memberikan jawaban.

Sementara preferensi publik terhadap kriteria dan kemampuan dari sosok presiden yang mengantikan Jokowi, sebanyak 84,8% menginginkan sosok presiden penganti Jokowi memiliki kriteria dan kemampuan dalam mengelola perekonomian nasional, agar bisa meningkatkan kedaulatan ekonomi rakyat dan mampu membayar utang Indonesia yang menumpuk serta mampu melanjutkan program-program yang Prorakyat dari Jokowi.

“Hasil survei ini menemukan jawaban dan pilihan secara terbuka dan tertutup jika Pilpres digelar hari ini terhadap tingkat keterpilihan tiap-tiap Capres-Cawapres,” katanya.

Survei CNN menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 2.100 tersebar di 34 provinsi. Survei ini memiliki margin of error +/- 2,1 dengan level kepercayaan 95%. Survei dilaksanakan mulai 29 Januari–7 Februari 2024.

Pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta, Bambang Arianto, mengatakan bahwa hasil survei CNN memperlihatkan bahwa masyarakat ingin mencari pemimpin pengganti Jokowi yang bisa melanjutkan program Jokowi, namun melihat hal tersebut tentunya sosok yang memang lebih dilihat masyarakat adalah Prabowo-Gibran.

“Masyarakat ingin mencari pemimpin pengganti Jokowi yang bisa melanjutkan program Jokowi, namun melihat hal tersebut tentunya sosok yang memang lebih dilihat masyarakat adalah Prabowo-Gibran,” ujarnya.

46