Home Ekonomi Bedanya Suzuki Jimny 5 Pintu dan 3 Pintu

Bedanya Suzuki Jimny 5 Pintu dan 3 Pintu

Jakarta, Gatra.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan SUV legendaris yang telah ditunggu para penggemar di Indonesia yaitu Suzuki Jimny 5-pintu di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, Kamis (15/2).

Suzuki Jimny 5-pintu menonjolkan desain yang tangguh dan maskulin. Dimensi Suzuki Jimny 5-pintu memiliki panjang 3.965 mm dan wheelbase 2.590 mm memberikan kelegaan ruang penumpang maupun barang bawaan, sekaligus menyajikan rasa berkendara yang santai namun tetap mempertahankan kemampuannya sebagai mobil offroad. Penambahan pintu memberikan akses yang mudah bagi penumpang belakang untuk masuk dan keluar dari mobil. Kapasitas bagasi sebesar 211 liter juga cukup sanggup membawa perbekalan petualangan yang dibutuhkan.

Spesifikasi Jimny 5-pintu

Desain offroad yang dikemas dalam fitur dan kelengkapan Suzuki Jimny 5-pintu turut memberikan nilai tambah bagi penggunanya, seperti Chrome Front Grille, Rear View Camera, serta 4 Spots Parking Sensor. Pada bagian keselamatan, Suzuki Jimny 5-pintu telah dilengkapi dengan 6 buah Airbags untuk memberikan perlindungan pada pengendara dan penumpang saat terjadi kondisi yang tidak diinginkan. Sedangkan untuk memberikan hiburan yang menyenangkan, tersematkan 9 inch touchscreen head unit with smartphone connections dengan layanan yang lengkap.

Sebagai kendaraan offroad profesional, Suzuki Jimny 5-pintu juga dibekali dengan sistem penggerak 4 roda (4x4) yang dinamakan AllGrip Pro, dimana pengguna Suzuki Jimny 5-pintu dapat memilih penggerak roda sesuai kebutuhan. Kemampuannya dalam memberikan kemudahan bagi pengendara dalam menaklukan medan offroad, ditunjang dengan adanya teknologi seperti Hill Descent Control dan Hill Hold Assist, sehingga Suzuki Jimny 5-pintu dapat digunakan baik oleh pemula hingga kalangan profesional.

Dari segi performa, Suzuki Jimny 5-pintu dibekali dengan mesin popular dari Suzuki yaitu K15B berkapasitas 1.500cc yang bertenaga tanpa melupakan pentingnya efisiensi konsumsi bahan bakar sebagai kendaraan offroad. Tersedia 2 pilihan transmisi yang dapat disesuaikan dengan preferensi pelanggan yaitu transmisi manual (MT) 5 percepatan dan otomatis (AT) 4 percepatan.

Suzuki Jimny 5-pintu hadir dengan enam pilihan warna khas yang memancarkan aura petualangan. Pada varian warna dual tone, Suzuki menawarkan 3 pilihan warna khas yaitu Metallic Sizzling Red + Pearl Bluish Black, Kinetic Yellow + Pearl Bluish Black, dan Metallic Chiffon Ivory + Pearl Bluish Black. Sedangkan untuk varian warna single tone, Suzuki juga memberikan 3 pilihan warna maskulin yaitu Granite Gray Metallic, Pearl Bluish Black, dan Jungle Green.

Sebagai referensi, berikut harga rekomendasi On The Road (OTR) Suzuki Jimny 5-pintu untuk wilayah Jakarta tahun 2024: Jimny 5-pintu (AT) : Rp475.600.000,-, Jimny 5-pintu (AT – Dual Tone) : Rp478.600.000, Jimny 5-pintu (MT) : Rp462.000.000, Jimny 5-pintu (MT – Dual Tone) : Rp465.000.000,-

 

Perbedaan Dengan Jimny 3-pintu

Kehadiran versi 5-pintu tidak menafikan keberadaan versi 3-pintu yang lebih dulu menyapa konsumen di Indonesia. Sebaliknya, kedua versi ini akan bersanding bersama untuk memenuhi selera konsumen.

Selain dimensi, ada beberapa perbedaan kecil antara kedua varian ini. Berikut beberapa diantaranya. Varian tiga pintu diimpor dari dari Jepang, versi lima pintu didatangkan dari India. Meski demikian, PT SIS mengklaim bahwa kualitas produk keduanya sama saja.

Perbedaan kedua ada pada gear ratio. Gara-gara dimensi yang lebih besar dan bobot makin menggelembung, sementara dapur pacu masih sama, penyesuaian dilakukan pada gear ratio.

Perbedaan selanjutnya pada warna. Jimny 5 pintu hadir dengan enam pilihan warna khas, pada varian warna dual tone, Suzuki menawarkan 3 pilihan warna khas yaitu Metallic Sizzling Red + Pearl Bluish Black, Kinetic Yellow + Pearl Bluish Black, dan Metallic Chiffon Ivory + Pearl Bluish Black. Sementara, untuk varian warna single tone, Suzuki memberikan pilihan Granite Gray Metallic, Pearl Bluish Black, dan Jungle Green. Sedangkan Jimny 3 pintu ada delapan pilihan warna, varian dual tone ada tiga warna, yaitu Kinetic Yellow + Pearl Bluish Black, Metallic Chiffon Ivory + Pearl Bluish Black dan Metallic Brisk Blue + Pearl Bluish Black.

Matsushita Ryohei, 4W Sales & Marketing Director PT SIS, mengatakan bahwa identitas Jimny memiliki sisi historis dan kesan mendalam bagi masyarakat Indonesia. Dikenal sejak tahun 1970an, Jimny dinilai memiliki desain otentik yang tidak tergerus waktu dan tetap memiliki identitas yang kuat selama lebih dari setengah abad. “Rekam jejak ketangguhan Jimny untuk menaklukkan medan menantang sambil memberi kepuasan bagi para pecinta offroad ini menjadi alasan utama Jimny dinanti-nantikan pelanggan. Jimny terus dikembangkan untuk memaksimalkan pengalaman penggunanya, salah satunya pada sisi fungsionalitas. Merespon antusiasme dan permintaan penggemar di Indonesia, Suzuki Indonesia dengan bangga menghadirkan model terbaru dalam keluarga SUV legendaris kami yaitu Suzuki Jimny 5-pintu di pasar Indonesia,” ungkap Matsushita.

225