Home Pemilu 2024 PKS Raih Posisi Teratas Pileg 2024 di Inggris

PKS Raih Posisi Teratas Pileg 2024 di Inggris

London, Gatra.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memenangkan Pemilu Legislatif 2024 untuk wilayah Inggris setelah hasil penghitungan suara menunjukkan partai ini mendapatkan 844 suara. PDI Perjuangan menempati urutan kedua dengan 831 suara, disusul PSI dengan 380 suara.

Ketua Pusat Informasi dan Pelayanan PKS di Inggris, Abram Perdana, mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan warga Indonesia di Inggris pada pemilu tahun ini.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada warga Indonesia di Inggris yang telah mempercayakan suara kepada kami. Suara adalah amanah,” kata Abram, Senin (19/02).

“Kami mohon doa dan dukungan agar semakin banyak berkarya melayani masyarakat,” tambah Abram.

Pengurus PKS di Inggris, Hendri Lucky, yang ditugaskan menjadi koordinator saksi pemilu mengatakan dari tahun ke tahun suara PKS terus bertambah. Pada pemilu 2019, PKS mendapatkan 565 suara, berada di urutan ketiga setelah PSI dan PDI Perjuangan, yang masing-masing mendapatkan 981 dan 1185 suara.

“Kami melihat, dalam konteks di Inggris, penambahan ini antara lain didorong oleh kerja-kerja anggota PKS yang rajin menemui para pemilih. Kami jelaskan apa saja yang telah dikerjakan PKS di masyarakat,” kata Hendri.

Bersama simpul-simpul pemenangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, PKS Inggris menggelar acara nonton bareng debat capres dan cawapres. Acara-acara ini, selain sebagai ajang temu warga, juga dimanfaatkan untuk sosialisasi kerja-kerja partai. Hendri mengatakan menemui warga dan berdialog secara langsung adalah salah satu komunikasi terbaik. “Jika ada pertanyaan atau keraguan, kami bisa menjawabnya secara langsung,” ujar Hendri, yang sudah 20 tahun bermukim di Inggris.

Di Inggris, PKS memiliki agenda rutin yang melibatkan anggota dan simpatisan. Agenda rutin ini selain sebagai forum konsolidasi, juga merupakan forum diskusi untuk membahas problem di komunitas dan apa yang bisa dilakukan untuk membantu mencarikan jalan keluar atas masalah-masalah tersebut.

Di luar posisi tiga besar yang diraih PKS, PDI Perjuangan dan PSI, Partai Buruh menduduki urutan empat dengan 304 suara, diikuti Partai Golkar di posisi lima dengan 183 suara. Gerindra di urutan enam dengan 159 suara. Selanjutnya, ada PKB dengan 148, PAN 145 dan Nasdem 141. Perindo mendapatkan 103 suara, sementara Partai Demokrat mendapatkan 98 suara.

Inggris bersama semua negara lain yang menjadi bagian penyelenggaraan Pemilu 2024 masuk di daerah pemilihan Jakarta II, yang juga meliputi Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

Untuk pemilihan presiden, pasangan capres-cawapres Anies-Muhaimin menduduki posisi teratas dengan 1.527 suara. Capres Ganjar Pranowo-Mahfud MD didukung oleh 1400 suara, sementara pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapatkan 748 suara.

42