Home Ekonomi BI Tetap Tahan Suku Bunga Acuan di Level 6% per Februari 2024

BI Tetap Tahan Suku Bunga Acuan di Level 6% per Februari 2024

Jakarta, Gatra.com - Bank Indonesia (BI) melalui Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada 20-21 Februari 2024, memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan atau BI-Rate sebesar 6%.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan bahwa, untuk suku bunga Deposit Facility tetap sebesar 5,25%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75%.

“Keputusan mempertahankan BI-Rate pada level 6 persen tetap konsisten dengan fokus kebijakan moneter yang pro-stability, yaitu untuk penguatan stabilisasi nilai tukar Rupiah serta langkah pre-emptive dan forward looking untuk memastikan inflasi tetap terkendali, dalam sasaran 2,5±1% pada 2024,” kata Perry dalam konferensi pers Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur Bulanan Bulan Februari 2024, Rabu (21/2).

Sementara itu, kata Perry kebijakan makroprudensial dan sistem pembayaran tetap pro-growth untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Kebijakan makroprudensial longgar terus ditempuh untuk mendorong kredit/ pembiayaan perbankan kepada dunia usaha dan rumah tangga.

Adapun, akselerasi digitalisasi sistem pembayaran, termasuk digitalisasi transaksi keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah juga terus didorong, untuk meningkatkan volume transaksi dan memperluas inklusi ekonomi-keuangan digital.

“Bank Indonesia terus memperkuat bauran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran untuk menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” jelasnya.

14