Home Politik Ganjar Sebut Hak Angket DPR Paling Pas untuk Mengklarifikasi Proses Pemilu

Ganjar Sebut Hak Angket DPR Paling Pas untuk Mengklarifikasi Proses Pemilu

Jakarta, Gatra.com - Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo mengatakan hak angket melalui DPR merupakan cara terbaik untuk merespons kondisi Pemilu 2024 akhir-akhir ini. Ganjar menjelaskan, hak angket DPR dapat mengklarifikasi semua proses yang terjadi.

“Kan yang paling bagus untuk bisa mengklarifikasi semuanya ini ya sudah penggunaan hak pengawasan, hak konstitusi, dari DPR untuk kemudian membuat penyelidikan. Itu paling bagus, paling fair,” ucap Ganjar Pranowo usai menemui relawan di Gedung Tim Koordinator Relawan Pemenangan Presiden (TKRPP) Ganjar-Mahfud, Jakarta, Jumat (23/2).

Ganjar mengatakan, melalui hak angket, DPR akan dapat melakukan penyelidikan. Hasilnya pun akan bisa dilihat sendiri oleh publik.

“Nanti ada data, fakta, saksi, bukti, ahli, dan semuanya bisa dibuka dan publik bisa melihat. Nanti coba siapa yang benar. Jadi, angket menurut saya cara yang paling pas lah,” kata Ganjar.

Ganjar menegaskan, seluruh partai pengusungnya masih kompak dalam Pemilu 2024. Hal ini ia sampaikan untuk menjawab isu PPP yang dinilai masih ragu untuk menggunakan hak angket mereka.

“Ya sampai dengan tanggal 15 Februari kemarin, alternatif-alternatif kita sampaikan (dalam rapat seluruh partai pengusung). Saya kira kita kompak juga,” lanjutnya.

Ganjar menegaskan, pihaknya tidak pernah tidak serius untuk mengusulkan penggunaan hak angket melalui DPR. Ia mengatakan, hal ini pun bukan suatu gertakan semata.

“Kami tidak pernah menggertak. Kami menyampaikan cara yang biasa saja. Ada banyak cara sebenarnya, angket boleh atau Raker Komisi II aja deh segera,” kata Ganjar lagi.

Ia mendorong agar DPR segera melakukan rapat kerja untuk membahas kemungkinan pengajuan angket atau ada solusi lain yang bisa diambil.

49