Home Ekonomi Top! Laba Bersih Astragraphia Tahun 2023 Tumbuh 45%

Top! Laba Bersih Astragraphia Tahun 2023 Tumbuh 45%

Jakarta, Gatra.com - PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) mampu mencapai kinerja yang baik melalui penguatan portofolio inti sehingga berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp141 miliar atau tumbuh sebesar 45% dibanding tahun 2022.

Presiden Direktur PT Astra Graphia Tbk, Hendrix Pramana menyampaikan, pendapatan bersih konsolidasian per 31 Desember 2023 sebesar Rp2.969 miliar, naik 2% dibandingkan tahun 2022. Sementara itu, pendapatan bersih pada Solusi Dokumen naik sebesar 7% karena adanya peningkatan volume penjualan mesin pada sektor graphic art dan sektor perkantoran. Kenaikan pada pendapatan bersih juga dikontribusikan dari Solusi Teknologi Informasi sebesar 16% yang berasal dari IT Trading maupun IT Services.

“Peningkatan laba bersih terutama dikontribusikan dari perbaikan biaya yang berkelanjutan serta optimalisasi biaya operasional. Astragraphia terus melakukan inovasi dan digitalisasi di dalam setiap lini bisnis untuk membangun bisnis yang kuat dan berkelanjutan,” kata Hendrix Pramana.

Astragraphia terus berkomitmen untuk memperkuat keberlanjutan melalui Sustainability Framework and Aspiration dengan mengimplementasikan Tata Kelola Perusahaan yang baik, yakni nilai-nilai Sustainability dan Triple-P Strategy (Portfolio, People, dan Public Contribution) dengan memperhatikan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik.

Pada November 2023, Astragraphia menyelenggarakan program pelatihan Kelas Astragraphia untuk Industri Kreatif (Kelas ASIK) berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah serta Bisnis Indonesia bersama UMKM di wilayah Semarang dari sub sektor kuliner, fesyen, dan kriya.

Pada kuartal keempat tahun 2023, Astragraphia meraih penghargaan Anugerah CSR IDX (Indonesia Stock Exchange) Channel 2023 kategori Economic Development Initiatives atas program Kelas Astragraphia untuk Industri Kreatif (Kelas ASIK).

Program Kelas ASIK merupakan bentuk tanggung jawab sosial Astragraphia pada pilar kewirausahaan, terhadap program pembangunan pemerintah untuk bersama-sama mewujudkan UMKM yang berdaya saing, go-online, dan naik kelas, sehingga memenuhi unsur Sustainability Development Goals (SDGs) 8 tentang Decent Work and Economic Growth.

26