Home Internasional Wapres Ma'ruf Amin Terima Ucapan Selamat PM Selandia Baru Atas Pelaksanaan Pemilu 2024

Wapres Ma'ruf Amin Terima Ucapan Selamat PM Selandia Baru Atas Pelaksanaan Pemilu 2024

Wellington, Gatra.com - Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Christopher Luxon mengucapkan selamat kepada Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin atas proses pemilihan umum (pemilu) yang baru saja berlangsung di Indonesia. Ucapan selamat ini disampaikan ketika Wapres Ma'ruf tengah melakukan kunjungan kerja ke Selandia Baru.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada Anda atas terlaksananya pemilihan umum terbesar di Indonesia, termasuk pemilihan presiden di sana,” ucap PM Luxon saat menerima kunjungan Wapres Ma'ruf di Speaker's Lounge New Zealand Parliament Buildings, Selasa (27/2).

Wapres Ma'ruf juga mengucapkan selamat kepada PM Luxon yang baru menjabat Perdana Menteri Selandia Baru pada 27 November 2023 lalu.

“Saya yakin, di bawah kepemimpinan Anda Selandia Baru akan terus maju dan terus memainkan peran aktif di kawasan Pasifik maupun di tataran global,” kata Wapres Ma'ruf.

Dalam pertemuan ini, Wapres Ma'ruf dan PM Luxon membahas sejumlah usulan untuk meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan Selandia Baru. Salah satunya kerja sama di bidang industri halal.

"Saya senang mendengar kemitraan komprehensif kedua negara berjalan dengan baik. Kemitraan ini harus terus diperkuat terutama melalui kerja sama perdagangan, investasi, dan pariwisata,” tutur Wapres dalam pertemuan tersebut.

Wapres pun menyoroti penurunan neraca perdagangan Indonesia dan Selandia Baru, dari 2.128,7 juta dolar AS pada 2022 menjadi 1.728 juta dolar AS pada 2023 atau mengalami penurunan sebesar 18,82%.

"Untuk itu, kedua negara harus terus mencari peluang untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan, termasuk kerja sama jaminan produk halal,” ucap Wapres lagi.

Wapres juga menyampaikan, dalam kunjungan kali ini dirinya akan memerhatikan potensi kerja sama dengan para pengusaha halal di Selandia Baru.

Mendampingi PM Selandia baru pada pertemuan diantaranya Foreign Policy Advisor Mark Talbot, Deputy Secretary Americas and Asia Group Deborah Geels dan Divisional Manager South and South East Asia Division Joana Kemkers serta Senior Policy Officer Rebecca Wood.

Sementara Wapres pada pertemuan tersebut didampingi oleh Duta Besar RI Wellington Fientje Maritje S., Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, serta Koordinator Fungsi KBRI Lucky Saud.

17