Home Regional Pemkot Salatiga Pelajari Tata Kelola Informasi dan Kemitraan Media ke Kementerian Kominfo

Pemkot Salatiga Pelajari Tata Kelola Informasi dan Kemitraan Media ke Kementerian Kominfo

Jakarta, Gatra.com - Untuk meningkatkan pengelolaan informasi dan kemitraan media menjadi lebih baik, jajaran Pemkot Salatiga, dan perwakilan media mengunjungi Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Ditjen IKP Kemenkominfo), di kantor Ditjen IKP Kemenkominfo, Jakarta, Kamis (29/2).

Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga Yasip Khasani, didampingi Asisten Administrasi Umum, Kepala Diskominfo, Kepala DP3AP2KB, Kepala DPUPR, Kabag Prokompim, dan Kabag Umum Setda Salatiga turut serta dalam agenda ini.

Baca Juga: Puluhan Anak Muda Salatiga Ikuti Pelatihan Kewirausahaan

Yasip mengataan, tujuan datangnya rombongan ke kantor Ditjen IKP Kemenkominfo untuk mempelajari tata kelola informasi dan kemitraan media yang dilakukan oleh Kemenkominfo dan upaya yang telah dikerjakan dalam menginformasikan Program Pemerintah.

“Maksud kunjungan kami ke Kemenkominfo ini di antaranya untuk mempelajari sinergi dan pengelolaan media yang kerja sama dengan Kemenkominfo, peningkatan pelayanan serta pemberitaan program pokok pemerintah yang berkaitan dengan penanganan stunting ataupun pengentasan kemiskinan,” ujarnya.

Pj. Wali Kota Salatiga Yasip Khasani (kanan) berkesempatan untuk melakukan rekaman dengan GPRTV Kementerian Kominfo. (IST)

Ketua Tim Media Cetak Ditjen IKP Kemenkominfo, Farida Dewi Maharani, menjelaskan 8 macam kanal media yang memiliki beberapa fungsi untuk memcakup berbagai jenis audiens yang dikelola oleh Ditjen IKP seperti InfoPublik.id, Indonesia.go.id, Indonesia Baik, dan GPRTV. 

“Dalam Kemenkominfo ini tersedia 8 macam media yang dikelola dari media online, kanal TV, serta Komik juga ada untuk bisa menarik masyarakat dengan berbagai cara. Tentunya setiap kanal memiliki cirinya masing-masing agar jenis pemberitaannya tidak terlalu lebar,” ujarnya. 

Dewi sangat mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Salatiga untuk datang langsung dan bersama belajar serta berkolaborasi. 

“Saya sangat berterimakasih karena juga dihadirkan kepala diskominfo, karena biasanya pemerintah kota yang datang tidak menyertakan Diskominfo jadi untuk kerja samanya pun tidak lanjut. Jadi semoga kali ini kita bisa bekerja sama dan berkolaborasi. Karena sebetulnya kami juga perlu bantuan dari pemkot dan dinas untuk merangkul media-media di daerah,” tambahnya.

Selepas kunjungannya, Pj. Wali Kota Salatiga berkesempatan untuk melakukan rekaman dengan GPRTV untuk menjelaskan tentang hal-hal yang menjadi ciri atau khasnya Salatiga.

14