Home Internasional Di Tengah Kelaparan, 6 Bayi Meninggal Kekurangan Gizi di Rumah Sakit Gaza Utara

Di Tengah Kelaparan, 6 Bayi Meninggal Kekurangan Gizi di Rumah Sakit Gaza Utara

Gaza, Gatra.com - Enam bayi meninggal di Rumah Sakit Kamal Adwan dan Kompleks Medis Al Shifa di Jalur Gaza utara, akibat kekurangan gizi parah, akibat blokade militer Israel yang masih berlangsung terhadap wilayah tersebut. Wilayah, pada Rabu malam (28/2).

Wafa Palestina melaporkan, dari sumber-sumber medis mengkonfirmasi kematian tragis empat bayi di Rumah Sakit Kamal Adwan, dan menambahkan bahwa tujuh bayi lainnya masih dalam kondisi kritis. Menghadapi risiko parah akibat kekeringan dan kekurangan gizi yang terjadi. 

Selain itu, dua bayi dinyatakan meninggal akibat kekurangan gizi di Kompleks Medis Al Shifa, fasilitas kesehatan terbesar di wilayah kantong yang terkepung.

Pekan lalu, Global Nutrition Cluster mendokumentasikan peningkatan tajam kekurangan gizi di kalangan anak-anak, wanita hamil dan menyusui di Jalur Gaza, yang menimbulkan ancaman besar bagi kesehatan mereka.

Ketika agresi Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza memasuki minggu ke-21, makanan dan air bersih menjadi sangat langka dan penyakit merajalela, sehingga membahayakan nutrisi dan kekebalan perempuan dan anak-anak serta mengakibatkan lonjakan malnutrisi akut.

Laporan “Kerentanan Gizi dan Analisis Situasi – Gaza” – menemukan bahwa situasi yang sangat ekstrem terjadi di Jalur Gaza Utara, yang hampir sepenuhnya terputus dari bantuan selama berminggu-minggu. 

72