Home Politik Bukan Cara Instan, Ini Jurus Anung Marwoko Caleg Golkar Karanganyar Raih Suara Tertinggi

Bukan Cara Instan, Ini Jurus Anung Marwoko Caleg Golkar Karanganyar Raih Suara Tertinggi

Karanganyar, Gatra.com - Peraih suara tertinggi se-Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah di Pemilu 2024, Anung Marwoko melanjutkan aktivitas sosialnya yang sempat tertunda. Ia kembali membuka posko sosial yang menampung berbagai keluhan warganya.

Posko sosial yang dibukanya sejak 2020 tersebut menyalurkan bantuan sesuai kebutuhan warga, terutama bagi mereka yang menderita sakit.

"Sejak 2020 saat pandemi Covid-19 saya tergerak memberikan bantuan. Di saat semua sulit mengakses tabung oksigen, saya berikan gratis bagi mereka yang sangat membutuhkan. Enggak dihitung berapa tabung yang sudah terdistribusi," kata Anung, Kamis (29/2).

Selain tabung oksigen, ia juga membayar pemasangan sambungan listrik PLN warga miskin. Yang paling banyak bantuan khitan gratis bagi 1.370 anak sejak tahun 2020 dan terus berlanjut. Selanjutnya, 113 unit kursi roda. Semua bantuan itu dari kantong pribadi.

Ditemui saat memberikan kursi roda ke Paikem (60) warga Dusun Gandurejo RT 01/RW III Desa Sewurejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Anung terlihat santai mengobrol dengan lansia itu bersama keluarganya. Paikem sudah bertahun-tahun menderita sakit diabetes. Namun baru kali ini kambuh karena tak rajin berobat.

Kaki kiri membengkak dan sulit digerakkan. Ia harus dibopong anaknya jika ke kamar mandi maupun ke mana saja. Ia memilih tinggal dengan anak-anak perempuannya di rumah yang sangat sederhana. Berlantai tanah dan dinding sudah retak.

"Ada warga miskin yang luput dapat bantuan pemerintah. Kalaupun dapat bantuan, pengajuannya lama dan tidak bisa segera. Padahal pemohon membutuhkannya segera. Ini cukup WA saya saja butuhnya apa, langsung saya kasih. Enggak melulu harus dapil sini," ujarnya.

Anung mengantongi perolehan suara tertinggi pemilu 2024 Kabupaten Karanganyar yang diraihnya. Dari perhitungan versi partainya, Anung mengantongi 14.597 by name, belum suara partai di Dapil I meliputi Mojogedang, Karanganyar, dan Matesih. Ia meyakini hal itu tak lepas dari simpati masyarakat terhadap dirinya yang tak bisa dibeli dengan uang maupun cara instan. Caleg GOLKAR Dapil I Karanganyar meliputi Mojogedang, Karanganyar dan Matesih ini mematahkan anggapan suara pemilih hanya bisa dibeli dengan uang. Caleg petahana sekaligus Wakil Ketua DPRD Karanganyar ini merintisnya dari hati ke hati.

Sementara itu Yatmi (41) putri bungsu Paikem mengaku sangat terbantu kursi roda dari Anung Marwoko. Ia menyampaikan keluhannya ke Anung via WhatsApp pada beberapa hari lalu. Keluhannya yang langsung dijawab Anung membuatnya lega.

"Ibu maunya tinggal di sini. Kalau saya kerja, gantian kakak yang nungguin. Baru dua kali dapat beras bantuan pemerintah. KIS juga ada, jadi enggak bayar lagi berobat. Hanya sudah enggak berobat lagi. Malah ini kakinya kambuh," katanya.

193