Home Pemilu 2024 Bursa Cabup Kukar, LKPI: Elektabilitas Dendi Suryadi Tertinggi

Bursa Cabup Kukar, LKPI: Elektabilitas Dendi Suryadi Tertinggi

Jakarta, Gatra.com – Koordinator Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) , Togu Lubis, mengatakan, mantan Kasdim dan Dandim Kukar serta Danrem Samarinda, Dendi Suryadi, meraih elektabilits tertinggi dalam bursa bakal calon Bupati (Cabup) Kutai Kartanegara (Kukar).

Togus dalam keterangan tertulis pada Sabtu (2/3), menyampaikan, ini berdasasarkan hasil survei terbaru LKPI mengenai Persepsi Masyarakat jelang Pemilihan Bupati Kutai Kartanegara 2024.

Tingkat elektabilitas Dendi sebesar 28,2%. Kemudian Edy Damansyah 18,1%, Rendi Solihin 15,6%, Abdul Rasid 3,6%, Awang Yacoub 2,6%, Seno Aji 1,9%, Alif Turiadi 1,7%, M. Andi Faisal 1,6%, Muhammad Syahrun 1,4%, dan Ali Hamdi 1,1%. Sedangkan responden yang menentukan piliah sebanyak 24,2%.

Ia menjelaskan, hasil tersebut setelah surveyor dari LKPI mengajukan pertanyaan terbuka kepada 900 masyarakat Kukar, jika Pilkada Kukar digelar hari ini tokoh mana yang diinginkan sebagai Bupati Kukar pada Pilkada 2024

Sedang dengan pertanyaan tertutup, yakni dari tokoh tokoh yang tertera di kertas kuisioner, tokoh mana yang akan dipilih jika Pilkada di gelar hari ini? Elektabilitas Dendi Suryadi meningkat, yakni 33,7%.

Posisi selanjutnya, Edy Damansyah Bupati Kukar sebesar 22,3%, Rendi Solihin 14,6%, Abdul Rasid 4,7%, Awang Yacoub 2,3%, Seno Aji 1,8%, Alif Turiadi 1,7%, M. Andi Faisal 1,6%, dan Muhammad Syahrun 1,4 %. Adapun yang belum mentukan pilihan sebanyak 15,9%.

Togus menyampaikan, dalam survei ini LKPI juga mengukur tingkat kepuasan masyarakat Kabupaten Kukar terhadap kinerja Pemkab Kukar. Sebanyak 60,2% masyarakat Kukar menyatakan tidak puas dengan kinerja Pemkab Kukar, 23,4% menyatakan puas, dan 16,4 persen tidak memberikan pendapat.

Togu Lobis menjelaskan, pihaknya melakukan survei terhadap 900 warga Kukar dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 sebanyak 543.063 pemilih yang tinggal di 20 kecamatan di Kabupaten Kukar.

Pada survei yang dilakukan sejak tanggal 19–28 Februari 2024, LKPI menggunakan mengunakan metode Multistage Random Sampling, Margin of Error kurang lebih 3,2%, dan tingkat kepercayaan 95%.

Sementara itu, pengamat politik dan Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Kalimantan Timur, Budiman, mengatakan, tingginya elektabilitas Dendi Suyadi karena dia merupakan satu-satunya putra daerah yang memiliki reputasi pernah menjabat sebagai Kasdim dan Dandim Kukar serta Danrem Samarinda.

“Jadi yang membuat Dendi Suryadi unggul di survei LKPI sebagai bakal calon Bupati 2024, karena Dendi merupakan putra daerah dan juga mantan Dandim Kukar ,” ujarnya.

Menurutnya, Dendi juga sudah dikenal dan dekat dengan masyarakat Kukar. Kemudian, dia juga telah memperlihatkan kinerja yang baik sebagai Dandim maupun Danrem untuk masyarakat Kukar.

120