Home Ekonomi Permudah Pembukaan UMKM, BCA Luncurkan Aplikasi Merchant BCA

Permudah Pembukaan UMKM, BCA Luncurkan Aplikasi Merchant BCA

Jakarta, Gatra.com- PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) meluncurkan aplikasi Merchant BCA. Aplikasi ini didesain sebagai solusi terdepan yang dirancang untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Aplikasi Merchant BCA adalah bukti komitmen kami untuk menyediakan solusi terdepan yang memenuhi kebutuhan pengusaha atau mitra merchant yang terus berkembang," jelas Wakil Presiden Direktur BCA Armand W. Hartono bertepatan dengan penyelenggaraan BCA Expoversary 2024 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Sabtu (2/3).

Kehadiran Aplikasi Merchant BCA menjadi sarana komprehensif bagi mitra merchant untuk menyederhanakan transaksi keuangan, meningkatkan efisiensi operasional, dan mendukung pertumbuhan bisnis. Aplikasi ini membantu dan memandu pelaku UMKM mulai dari merchant baru, pengajuan EDC (Electronic Data Capture) & QRIS Quick Response Code Indonesian Standard, mengecek laporan transaksi, hingga Merchant Care yang tersedia selama 24/7.

Baca juga: BCA Syariah Tingkatkan Pembiayaan Konsumer di BCA Expoversary 2024

"Di BCA, kami percaya pada kekuatan inovasi untuk mendorong kemajuan bisnis dan pertumbuhan perekonomian nasional. Dengan kehadiran aplikasi merchant BCA, kami berharap dapat berkontribusi bagi pengembangan dan pemberdayaan mitra merchant, termasuk UMKM di Indonesia," papar Armand.

Direktur BCA, Santoso menjelaskan bahwa pihaknya menyadari bahwa mesin EDC sering mengalami kendala, mulai dari faktur atau kertas EDC yang habis, adopter dan kabel yang rusak, hingga masalah sinyal. “Akibatnya transaksi berputar-putar dan tidak selesai. Belum lagi setelah dibayar tidak terlihat di rekonsiliasi pembayaran,” ungkapnya.

Menurutnya, hal ini menjadi masalah bagi para merchant dan menghambat operasional BBCA dalam menerima pembayaran. Untuk itu, BCA memberikan solusi dengan menyediakan Merchant Apps agar usaha pelaku UMKM menjadi nyaman dan lancar.

Santoso menambahkan bahwa selain aplikasi merchant BCA, BCA juga menyediakan beragam solusi perbankan dan kredit yang memungkinkan UMKM dan pengusaha lokal untuk tumbuh dan berkembang bersama BCA. Misalnya EDC dengan fitur touch screen hingga program BCA Bangga Lokal.

​​​​​​Baca juga: Dorong Pasar Mobil Listrik, NETA Gandeng BCA

Saat ini BCA memiliki 1,4 juta merchant BCA, baik QRIS hingga EDC. Namun, baru sekitar 130.000 merchant menggunakan Merchant Apps. Santoso menyebut, BCA menargetkan sebanyak 1,4 juta merchant bisa menggunakan Merchant Apps.

"BCA senantiasa berupaya menyediakan pelayanan terbaik bagi segenap nasabah tercinta, termasuk nasabah bisnis. Oleh karena itu, kami senantiasa berinovasi tidak hanya dari sisi business to consumer (B2C), namun juga pada segmen business to business (B2B)," jelasnya.

40