Home Nasional Wapres Dorong Pemda Capai Target Penanganan Sampah 70 Persen Tahun 2025

Wapres Dorong Pemda Capai Target Penanganan Sampah 70 Persen Tahun 2025

Jakarta, Gatra.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mendorong semua kabupaten/kota untuk terus berinovasi dan mengimplementasikan pembangunan kota yang mengedepankan lingkungan hidup, terutama soal pengelolaan sampah.

Hal ini Wapres sampaikan usai menyerahkan penghargaan Adipura Kencana kepada beberapa kabupaten/kota yang dinilai berprestasi dalam pengelolaan kebersihan dan kesehatan lingkungan hidup.

“Penghargaan ini saya kira menjadi representasi kesungguhan dalam mengatasi persoalan lingkungan pada umumnya, seperti persoalan sampah dan ruang terbuka hijau pada khususnya,” ucap Wapres Ma'ruf Amin saat memberikan sambutan di Auditorium Manggala Wanabhakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK), Jakarta, Selasa (5/2).

Dalam sambutannya, Wapres Ma'ruf pun menyampaikan sejumlah target pemerintah. Salah satunya target Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas).

“Di tahun 2025, kita menetapkan target Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas) pengurangan sampah sebesar 30%, dan penanganan sampah sebesar 70%. Selain itu, Pemerintah juga menargetkan Nol Sampah Nol Emisi di tahun 2050,” jelas Wapres.

Untuk mencapai target ini, Wapres mendorong agar pemerintah daerah dapat menerapkan sistem pengelolaan sampah secara terpadu dari hulu ke hilir.

“Sistem terintegrasi ini tidak hanya membutuhkan terobosan-terobosan yang implementatif, tetapi juga menuntut kinerja optimal pemerintah daerah, serta partisipasi aktif masyarakat,” lanjut Wapres.

Menurut Wapres, pemerintah daerah perlu melibatkan masyarakat untuk menyelesaikan masalah terkait pengelolaan sampah yang semakin kompleks. Salah satu yang patut dilakukan adalah memberikan edukasi dan sosialisasi untuk mengubah paradigma dan perilaku masyarakat dalam menciptakan sistem penanganan sampah yang lebih baik dan berkelanjutan.

“Saya harapkan Penghargaan Adipura tidak menjadi akhir perjuangan saudara tetapi justru semakin mengembangkan, membangkitkan semangat, dan upaya melakukan langkah konkret di lapangan untuk mengatasi persoalan sampah di wilayah masing-masing,” kata Wapres lagi.

Lima kabupaten/kota berhasil menerima Penghargaan Adipura Kencana Tahun 2023. Surabaya meraih penghargaan dalam Kategori Kota Metropolitan; Balikpapan meraih penghargaan dalam Kategori Kota Besar.

Kemudian, Kota Bitung, Sulawesi Utara dan Kota Bontang, Kalimantan Timur berhasil meraih penghargaan dalam Kategori Kota Sedang. Lalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat berhasil meraih penghargaan dalam Kategori Kota Kecil.

“Saya harapkan kota-kota di Indonesia mampu bersaing secara global menjadi terbaik di kawasan Asia tenggara bahkan di dunia,” tutup Wapres Ma'ruf Amin.

121