Home Nasional Mulai 5 April Polri Terapkan Rekayasa Lalu Lintas Arus Mudik Lebaran 2024

Mulai 5 April Polri Terapkan Rekayasa Lalu Lintas Arus Mudik Lebaran 2024

Jakarta, Gatra.com - Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri akan menerapkan rekayasa lalu lintas pada arus mudik dan balik Idulfitri 2024. Pengalihan arus lalu lintas itu dijadwalkan mulai berlaku pada 5 April mendatang.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol. Aan Suhanan, mengatakan, kebijakan rekayasa lalu lintas ini dituangkan dalam surat keputusan bersama (SKB) dengan stakeholder terkait.

Dia menyebut ada beberapa pola rekayasa lalu lintas (Lalin) yang akan diberlakukan, yakni sistem contraflow, one way, dan pembatasan operasional angkutan barang sumbu tiga.

"Jadi kita SKB sudah mengatur tanggal yang akan diberlakukan. Yang jelas tanggal 5 April 2024 jam [pukul] 14.00 WIB itu akan kita berlakukan untuk contraflow, kemudian one way, kemudian pembatasan angkutan barang tertentu. Itu akan mulai berlaku tanggal 5 April 2024 pukul 14.00 WIB," kata Aan usai rapat koodinasi lintas sektoral kesiapan mudik 2024 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa, (5/3).

Aan merinci, sistem contraflow diberlakukan mulai dari KM 36. Sedangkan, sistem one way diterapkan dari KM 72 Tol Cipali sampai KM 414 Tol Kalikangkung. "Pembatasan juga akan berlaku pada hari itu," ujar dia.

Rapat lintas sektoral oleh Korlantas Polri ini dilakukan bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Hubdar) Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktur Utama (Dirut) Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir, Dirut PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) atau ASDP Ira Puspadewi.

Usai menggelar rapat koordinasi, mereka melakukan penandatanganan SKB untuk menyamakan cara tindak pengelolaan arus lalu lintas jelang arus mudik dan balik Lebaran 2024.

203