Home Regional Pemprov Jateng Siapkan 12.488 Kursi Mudik Gratis Lebaran 2024

Pemprov Jateng Siapkan 12.488 Kursi Mudik Gratis Lebaran 2024

Semarang,Gatra.com- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) menyiapakan kuota sebanyak 11.400 kursi bus dan 1.088 kursi kereta api untuk program mudik gratis Lebaran mendatang.

Program mudik gratis Lebaran ini diperuntukan bagi warga Jateng yang merantau dan pekerja sector informal di wilayah Jakarta, Bogor, Depaok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Kepala Badan Penghubung Pemprov Jateng di Jakarta, Sarido mengatakan, pendaftaran mudik gratis 2024 dimulai pada Rabu (6/3), pukul 09.00 WIB secara daring dan luring.

“Jumlah bus untuk mudik gratis Lebaran yang disediakan sebanyak 228 unit dengan 11.400 kursi bus dan 1.088 kursi kereta api. Jika dibanding tahun lalu, bus yang disediakan lebih banyak,” katanya saat dihubungi watawan, Selasa (5/3).

Menurut Sarido, bagi warga yang ingin mendaftar mudik gratis Lebaran bisa mendaftar dengan mengakses www.pedamateng.penghubung.jatengprov.go.id. Kemudian mengunggah dokumen seperti KTP/KIA, KK, dan bukti pendukung lain.

Selain itu bisa mendatangi Cabang Bank Jateng Jl Panglima Polim Kebayoran Baru, KCP Bank Jateng Kramat Jati, atau melalui koordinasi dengan Paguyuban Warga Jateng di Jakarta.

Bagi pendaftar disabilitas, langsung datangi Kantor Badan Penghubung Jateng di Jl. Dharmawangsa VIII No 26 Kebayoran Baru.

“Program mudik gratis 2024 diperuntukkan pekerja informal berpenghasilan rendah. Seperti, pengojek, asisten rumah tangga, pedagang asongan, pedagang kaki lima, hingga buruh,” ujarnya.

Untuk pemberangkatan mudik gratis Lebaran 2024 akan dilakukan pada Sabtu (6/4) dari Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII Jakarta.

Dia mengimbau warga Jateng agar berhati-hati jika menerima informasi mudik gratis tapi harus membayar uang. Konfirmasikan melalui saluran resmi pemerintah atau perusahaan.

"Bila ada orang tak bertanggung jawab menyampaikan ada informasi mudik gratis, tapi berbayar harus dicek dulu,” tandasnya.

Informasi lebih lanjut terkait mudik gratis Jateng 2024, dapat dipantau di akun @penghubungjateng , @perhubunganjtg atau hotline 0813 1871 2523.

128