Home Nasional Persiapan Operasi Ketupat, Korlantas Polri Gelar TFG Arus Mudik Lebaran 2024

Persiapan Operasi Ketupat, Korlantas Polri Gelar TFG Arus Mudik Lebaran 2024

Jakarta, Gatra.com- Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri melaksanakan kegiatan latihan pra operasi yaitu Tactical Floor Games (TFG) dalam persiapan operasi ketupat arus mudik dan balik Lebaran 2024. TFG tersebut dimulai dari Polda Jawa, Bali, Sumatera, Lampung dan Sumatera Selatan.

Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Raden Slamet Santoso mengatakan TFG ini bertujuan agar para petugas bisa tahu dan paham soal kondisi lapangan serta kesiapan maupun bagaimana cara bertindak.

“Baik kondisi jalan kondisi masyarakat yang ada itu bisa tercover terantisipasi dengan baik termasuk juga di dalam penyeberangan. Dari penyeberangan di Ketapang Gilimanuk,” ujar Slamet di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (6/3).

Kemudian kata Slamet, di Merak Bakauheni itu juga sudah terantisipasi dengan cara bertindak baik bertindak secara teknis maupun secara taktis

“Sehingga hari ini sudah dapat dilaksanakan dengan baik dan kami sudah rata-rata mereka sudah paham mudah-mudahan ini semua bisa berjaln dengan baik,” katanya.

Sebelumnya, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar rapat koordinasi (rakor) kesiapan pengelolaan arus lalu lintas mudik Lebaran 2024. Persiapan ini dilakukan agar arus mudik dan balik Idulfitri pada April 2024 mendatang berjalan dengan lancar.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan itu menekankan bahwa pengelolaan arus lalu lintas tahun ini tidak sekedar rutinitas saja.

Mengingat hasil survei Kementerian Perhubungan bahwa animo masyarakat yang akan mudik, balik dan berwisata ada kenaikan sekitar lima sampai enam persen dibanding tahun 2023.

48