Home Olahraga Kalahkan Ginting, Jonatan Christie Juara All England 2024

Kalahkan Ginting, Jonatan Christie Juara All England 2024

Jakarta, Gatra.com - Wakil tunggal putra Jonatan Christie berhasil meraih gelar All England 2024. Dalam laga final yang digelar di Utilita Arena, Birmingham, Inggris, Ahad (17/3), Jonatan menang melawan rekan senegara, Anthony Sinisuka Ginting dalam dua gim langsung 21-15, 21-14.

"Saya tidak percaya ini benar-benar terjadi. Di turnamen sebelumnya kalah di babak awal, sekarang saya bisa juara," ujar Jonatan seusai pertandingan.

Tampil menekan sejak gim pertama, Jonatan selalu unggul dalam perolehan poin. Mendominasi jalannya pertandingan dengan Ginting yang kerap melakukan kesalahan sendiri, ia berhasil memimpin 11-4 saat interval. Gim pertama akhirnya berhasil dituntaskan dengan skor 21-15.

Memasuki gim kedua, perolehan kedua pemain sempat ketat di paruh laga awal, 4-4, dan 6-6. Saling ganti menyerang, Jonatan bermain lebih rapi dengan sedikit kesalahan yang dibuat sepanjang jalannya pertandingan. Ini membuatnya menyimpan 2 poin lebih banyak saat interval 11-9, dan terus menjaga gap poin hingga akhir laga.

Hasil ini membawa pemain peringkat 9 dunia meraih gelar All England pertamanya. Usai laga, Jonatan mengaku senang dan bangga bisa menjadi juara di ajang tertua bulu tangkis dunia ini.

"Ini seperti mimpi yang jadi kenyataan. Saya dan Ginting berhasil mengulang sejarah yang pernah terjadi puluhan tahun lalu. Saya sangat senang," ungkapnya.

Gelar ini kembali direbut Indonesia setelah terakhir kali berhasil dimenangkan Harijanto Arbi pada 1994 lalu. Ini juga menjadi gelar Super 1000 terkini, dari sektor tunggal putra setelah sebelumnya berhasil dimenangkan Ginting pada China Open 2018 lalu.

30