Home Politik Ketua KPU tak Ingin Kesalahan Badan Ad Hoc Terulang di Pilkada 2024

Ketua KPU tak Ingin Kesalahan Badan Ad Hoc Terulang di Pilkada 2024

Batang Hari, Gatra.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batanghari Hari, Provinsi Jambi, mengakui terjadi sejumlah kesalahan-kesalahan yang dilakukan badan ad hoc selama gelaran Pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Kalau melihat dari Pemilu 2024, memang badan ad hoc kita, artinya petugas KPPS dalam menulis C Hasil, ada yang keliru," kata Ketua KPU Batang Hari Ahmad Halim, Selasa (19/3).

Kesalahan badan ad hoc tak hanya keliru menulis C Hasil. Kesalahan input dan kesalahan jumlah, rupanya terjadi. Ia bersama komisioner lainnya telah melakukan evaluasi serius agar kesalahan serupa tak terjadi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

"Itu mungkin menjadi evaluasi kita yang cukup serius. Sehingga pada Pilkada 2024, mereka (badan ad hoc) tak lagi melakukan kesalahan serupa. Ini menjadi pembelajaran kami ke depan," ujarnya.

"Apalagi ini bicara Pilkada, cuma dalam proses rekap berjenjang yang dilakukan di tingkat kecamatan, kita melakukan perbaikan," imbuhnya.

Jika ditemukan salah input, salah jumlah yang dilakukan oleh KPPS, kata Halim, perbaikan akan dilakukan pada tingkat kecamatan. Namun apabila perbaikan tingkat kecamatan tak juga selesai, maka perbaikan akan dilakukan pada tingkat kabupaten.

"Evaluasi KPU Batang Hari cuma itu, agar badan ad hoc bisa lebih jeli, lebih faham terkait dengan tugas pokok dan fungsi," ucapnya.

73