Home Ekonomi Menkeu Sri Mulyani Tegaskan Program Makan Siang Gratis Tak Masuk APBN 2024

Menkeu Sri Mulyani Tegaskan Program Makan Siang Gratis Tak Masuk APBN 2024

Jakarta, Gatra.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa, program makan siang gratis yang diusung oleh salah satu pasangan calon (paslon) presiden selanjutnya, belum masuk ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024.

Hal tersebut ia katakan saat menjawab pertanyaan Anggota Komisi XI DPR partai PKS, Anis Byarwati, yang menanyakan terkait program makan siang gratis di APBN.

Menurut wanita yang akrab disapa Ani itu menjelaskan bahwa, program makan siang gratis belum masuk ke APBN 2024.

“Pertanyaan bapak ibu sekalian menengai makan siang gratis, kami tidak menjawab karena di APBN kita tidak ada. Di 2024 kan belum bapak. Karena ini untuk pamerintahan yang baru,” kata Ani dalam Rapat Kerjaa dengan Komisi XI DPR, di Jakarta pada Selasa (19/3).

“Nanti UU APBN 2025 kan baru disampaikan Bapak Presiden yang sekarang tanggal 16 Agustus. Tapi nanti pelaksanaannya untuk pemerintah baru," ujar Ani.

Terakhir ia juga menegaskan, sampai saat ini belum ada pembahasan mengenai program makan siang gratis di pemerintah sekarang. Menurutnya, pembahasan tersebut sebatas Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) daam garis besar.

“Waktu kita ngomongin KEM PPKF baru postur besar Pak, tapi kalau ada yang menyampaikan makan siang gratis, setahu saya sih nggak Pak. Karena KEM PPKF, boro-boro ngomongin belanja K/L, postur saja kan masih dalam bentuk range Pak. Itu pun masih pembahasan sangat awal," jelasnya.

40