Home Ekonomi MPM Group Ungkap Pencapaian pada 2023 dan Fokus Bisnis 2024

MPM Group Ungkap Pencapaian pada 2023 dan Fokus Bisnis 2024

Jakarta, Gatra.com - Perusahaan konsumer otomotif dan transportasi PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) mengungkapkan berbagai perkembangan terkini serangkaian grup bisnis yang dimilikinya.

Group CFO MPMX, Beatrice Kartika mengatakan , MPMX akan fokus pada beberapa inisiatif utama sepanjang tahun 2024. Fokus strategis MPMX yakni terus menciptakan produk yang relevan dengan tren pasar dan memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan dan masyarakat.

"Kami juga mencari peluang untuk melengkapi ekosistem otomotif dengan menjajaki peluang bisnis hilir untuk potensi merger dan akuisisi," ujarnya Buka dalam Puasa Bersama dalam Media Gathering 2024 di The Elysium Rooftop Dining & Lounge, Lippo Kuningan, Jakarta, Rabu (20/3).

Diketahui MPM didirikan oleh William Soeryadjaya pada tahun 1987. Bisnis MPM meliputi spektrum solusi mobilitas yang luas, dari penjualan dan distribusi sepeda motor dan mobil, suku cadang dan pelayanan aftermarket, pelayanan transportasi, serta jasa keuangan. Mayoritas saham perusahaan ini dimiliki Saratoga Group.

Lebih lanjut, Beatrice menjelaskan, MPMInsurance berhasil meningkatkan bisnis proses lewat transformasi digital sehingga memudahkan penerbitan polis digital dan klaim digital.

"Adapula fitur baru simulasi perhitungan di website MPMInsurance, sehingga sekarang pelanggan dapat menghitung simulasi rencana asuransi yang diinginkan secara cepat dan mudah," jelasnya.

"Di bulan Ramadan 2024 ini, MPMInsurance menghadirkan promo spesial berupa diskon 25% untuk setiap pembelian asuransi mobil." tambahnya.

Sementara lini usaha MPMRent, jelas Beatrice, mencatatkan peningkatan jumlah pelanggan baru sepanjang 2023 yakni sebesar 35%. Angka tersebut turut mendorong peningkatan jumlah total armada sebesar 11,9% dan peningkatan jumlah driver sebesar 9,5%.

"Hingga Desember 2023, jumlah armada yang terutilisasi sebesar 13,385 unit. Di 2024 MPMRent berencana memperkuat dan memperbesar jaringan dengan menambah kantor cabang di Balikpapan," bebernya.

Adapun PT Balai Lelang Asta Nara Jaya (AUKSI) yang merupakan anak usaha MPMRent menorehkan peningkatan total unit penjualan sebesar 23% dengan total pelanggan baru naik sebesar 39% dan jumlah total pembeli meningkat sebesar 27% sepanjang tahun 2023.

"Melihat hasil yang positif ini maka di tahun 2024 AUKSI akan memperluas jangkauannya dengan membuka kantor baru di Pekanbaru dan Palembang," terangnya.

Sementara PT JACCS Mitra Pinasthika Mustika Finance Indonesia (JACCS MPM Finance Indonesia), jelas Beatrice, telah merilis program MyCash dan aplikasi JACCY.

"Program MyCash yang merupakan produk fasilitas dana dengan jaminan BPKB Mobil/Motor yang didesain untuk menjadi solusi dari berbagai kebutuhan konsumen," terangnya.

Kemudian aplikasi baru JACCY, jelas Beatrice, merupakan sebuah aplikasi yang menghubungkan JACCS MPM Finance Indonesia dengan Mitra Dealer khususnya kendaraan mobil bekas. Aplikasi ini bertujuan untuk melakukan monitoring proses pengajuan aplikasi pembiayaan mobil bekas." lanjutnya.

"Terdapat pula aplikasi JMCARE yaitu aplikasi keuangan untuk membantu pelanggan mendapatkan informasi dan layanan keuangan untuk JACCS MPM Finance Indonesia." ujarnya.

57