Home Nasional Banjir di Demak, Polri Siapkan 112 Jalur Alternatif Saat Arus Mudik Lebaran 2024

Banjir di Demak, Polri Siapkan 112 Jalur Alternatif Saat Arus Mudik Lebaran 2024

Jakarta, Gatra.com- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut hujan dengan intensitas ringan hingga deras bakal melanda sejumlah wilayah pada saat arus mudik Lebaran 2024 nanti.

Untuk itu, Sigit mengaku telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi banjir seperti yang terjadi di wilayah Demak, Jawa Tengah.

"Memang cuaca pada saat arus mudik itu kemungkinan ada yang masih hujan dengan intensitas sedang dan ada juga hujan besar hingga ringan," kata Sigit usai mengikuti Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (25/3).

"Oleh karena itu, kita juga siapkan titik alternatif, ada 116 yang terdeteksi (berpotensi banjir) dan kita siapkan 112 titik alternatif," tambah dia.

Meski begitu, Sigit belum merinci jalur-jalur yang berpotensi tergenang banjir saat arus mudik mendatang. Hal ini, diklaim akan segera disosialisasikan kepada masyarakat.

"Dan ini tentunya kita akan kita sosialisasikan hingga masyarakat bisa menyadari titik-titik yang terendam banjir," ujar Sigit.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah langkah mengantisipasi terjadinya banjir selama arus mudik Lebaran.

"Kami akan berkoordinasi dengan BNPB, PUPR dan BPBD untuk mencegah supaya tidak banjir dan juga kami siapkan teknologi modifikasi cuaca," kata Dwikorita.

10