Home Olahraga Rp271 T Bisa Gaji Ronaldo-Messi-Neymar-Mbappe 25 Tahun ke Depan, Masih Ada Kembalian

Rp271 T Bisa Gaji Ronaldo-Messi-Neymar-Mbappe 25 Tahun ke Depan, Masih Ada Kembalian

Jakarta, Gatra.com – Ramai menjadi perbincangan publik baru-baru ini kasus korupsi fantastis yang diusut Kejaksaan Agung (Kejagung). Korps Adhyaksa telah menetapkan sejumlah tersangka. Dua di antaranya ialah suami aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, dan seseorang berjuluk crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK), Helena Lim.

Kasus ini menjadi ramai lantaran dugaan kerugian lingkungan yang timbul akibat aktivitas pertambangan timah ilegal ini bisa mencapai Rp271.069.688.018.700 atau Rp271 triliun. Estimasi ini merupakan hitungan dari pakar Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Bambang Hero Saharjo.

“Tim penyidik memandang telah cukup alat bukti sehingga kami tingkatkan statusnya sebagai tersangka, yaitu saudara HM selaku perpanjangan tangan dari PT RBT,” kata Direktur Penyidikan Jampidsus Kejaksaan Agung, Kuntadi, saat konferensi pers penetapan tersagka Harvey Moeis seperti dilansir Antara.

Dalam menetapkan Helena Lim sebagai tersangka, Kuntadi juga mengeklaim sudah mengantongi bukti yang cukup. Dengan demikian, status Helena berubah dari saksi menjadi tersangka.

"Tersangka HLN sekira tahun 2018 sampai dengan 2019, diduga kuat telah membantu mengelola hasil tindak pidana kerja sama sewa menyewa peralatan processing peleburan timah di wilayah IUP PT Timah Tbk," kata Kuntadi.

Estimasi kerugian lingkungan senilai Rp271 triliun tentu bukan nilai yang kecil. Bahkan untuk menggaji pemain-pemain sepak bola dengan gaji tertinggi di dunia untuk puluhan tahun ke depan sekali pun, angka itu masih berlebih.

Melansir The Sun per Januari 2024, pemain sepak bola dengan gaji tertinggi di dunia masih dipegang oleh Cristiano Ronaldo. Penggawa klub Arab Saudi, Al-Nassr, itu mengantongi gaji senilai Rp4,01 triliun per tahun yang berasal dari gaji dan pendapatan aktivitas komersil di luar klub.

Menyusul di posisi kedua adalah Lionel Messi. Pemenang Piala Dunia 2022 bersama Argentina itu kini merumput di klub Amerika Serikat, Inter Miami, dan memperoleh gaji sekitar Rp2,12 triliun per tahun.

Neymar menyusul di posisi ketiga. Bermain di klub Arab Saudi, Al-Hilal, ia memperoleh nilai gaji Rp1,76 triliun per tahun. Sementara striker Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe, menguntit di posisi empat dengan nilai gaji Rp1,73 triliun per tahun.

Apabila uang estimasi dugaan korupsi timah Harvey Moeis, Helena Lim, dan beberapa tersangka lainnya senilai Rp271 triliun digunakan untuk membayar gaji para pemain tersebut selama 25 tahun ke depan pun, masih ada uang berlebih.

Apabila dikalikan 25 tahun ke depan, maka total gaji Ronaldo bisa mencapai Rp100,25 triliun per tahun. Gaji Messi akan tembus Rp53 triliun. Sementara gaji Neymar akan menyentuh Rp44 trilun dan gaji Mbappe akan memperoleh total gaji Rp43,25 triliun dalam periode 25 tahun ke depan. Hitungan ini dijumlahkan dengan asumsi nilai gaji mereka tetap sama dalam kurun waktu tersebut.

Jika ditotal dalam kurun waktu 25 tahun tersebut, maka total gaji keempat pesepakbola termahal di dunia saat ini tersebut mencapai Rp240 triliun. Maka, apabila uang dugaan potensi kerugian korupsi timah senilai Rp271 triliun itu digunakan untuk membayarnya, masih terdapat Rp30,1 triliun sebagai uang kembalian.

8325