Home Info IKN Nusantara Juru Bicara OIKN Troy Pantouw: Media Pegang Peranan Penting Dalam Pembangunan IKN

Juru Bicara OIKN Troy Pantouw: Media Pegang Peranan Penting Dalam Pembangunan IKN

Jakarta, Gatra.com - Media memiliki peranan yang sangat penting di dalam penyampaian informasi terkait pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal ini disampaikan Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik/Juru Bicara OIKN (Otorita Ibu Kota Nusantara) Troy Pantouw saat menjadi narasumber talk show dengan judul Perspektif Peran Media dalam Pembangunan IKN di Studio RRI IKN pada hari Kamis (28/03) lalu.

“Media memegang peranan yang sangat penting dalam menyampaikan visi misi IKN, lalu kemajuan yang sudah dicapai dan apa yang terjadi akan datang. Oleh karenanya, kami sangat memerlukan teman-teman media,” ungkap Troy Pantouw.

Troy Pantouw juga menambahkan, media juga mempunyai peranan untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat. Pertama, untuk memahami bahwa IKN dibangun bukan untuk merusak lingkungan, tetapi untuk memperbaiki tata lingkungan yang ada di IKN.

Kedua, pembangunan yang sedang berjalan bukan merupakan deforestasi tetapi merupakan reforestasi hutan yang ada di IKN.

Ketiga, dalam membangun IKN, warga-warga setempat juga turut serta dilibatkan dan memberikan edukasi kepada anak-anak muda di sekitar kawasan IKN (Sepaku, dan lain-lain) tentang pembangunan IKN.

Media juga berperan penting untuk membantu menangkal berbagai hoax, informasi yang tidak akurat, informasi yang tidak berimbang bahkan tidak mengindahkan kaidah etika pemberitaan dan tidak melakukan konfirmasi ulang.

“Terima kasih kepada teman-teman media, baik itu media apapun, dimanapun, serta para jurnalis, reporter, wartawan, editor, dan pemimpin redaksi, karena tanpa mereka, publik tidak akan tahu secara detail tentang perkembangan di IKN,” tambah Troy Pantouw.

Secara khusus, Troy Pantouw juga menyampaikan apresiasinya untuk teman-teman media khususnya RRI, karena RRI (Radio Republik Indonesia) untuk saat ini adalah media yang cepat dalam menyampaikan informasi tentang perkembangan di IKN.

“Informasi yang sangat cepat diperlukan, dan radio memegang peranan penting dalam hal ini. Karena ada studio RRI disini, maka aktualitas tetap terjaga,” tutup Troy Pantouw.

Dukungan RRI terhadap IKN merupakan bentuk partisipasi aktif dalam mewujudkan cita-cita bangsa, sejalan dengan visi negara. Hal ini turut disampaikan oleh Enderiman Butar-Butar, Anggota Dewan Pengawas LPP RRI.

"RRI mendukung visi negara dan juga mendukung apa yang sudah diprogramkan oleh kepala negara kita yaitu pembangunan ibu kota baru yang ada di IKN, Kalimantan Timur ini," kata Endriman.

Keberadaan studio RRI di IKN menjadi bukti nyata komitmen RRI dalam menyebarkan informasi terkini dan edukasi terkait pembangunan IKN kepada masyarakat luas.

85