Home Nasional Kapolri akan Tinjau Sejumlah Lokasi Arus Mudik Lebaran 2024

Kapolri akan Tinjau Sejumlah Lokasi Arus Mudik Lebaran 2024

Jakarta, Gatra.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan meninjau sejumlah lokasi arus mudik Lebaran 2024. Adapun beberapa wilayah yang disebutkannya yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga perbatasan Pulau Jawa dan Bali.

"Jadi dalam beberapa waktu ke depan ini, kita akan mengecek langsung khususnya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan mungkin juga wilayah Bali untuk memastikan kesiapan dari masing-masing satuan," katanya di Jakarta, Selasa (2/4).

Sigit juga mengatakan, kegiatan ini dilakukan guna memastikan jalur dan fasilitas penunjang mudik Lebaran tahun ini bisa berjalan baik. Apalagi, jumlah pemudik tahun ini diprediksikan akan meningkat dibanding tahun sebelumnya. Sehingga diharapkan semua personel bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pemudik.

Menurutnya, tetap ada potensi kemacetan selama arus mudik Lebaran tahun ini. Tetapi, Sigit berharap setiap skema rekayasa lalu lintas (lalin) yang disiapkan bisa mengurainya.

"Mudah-mudahan dengan kehadiran rekayasa (lalin) yang kita siapkan itu bisa membantu untuk mempercepat menormalkan kembali ataupun mengurai potensi," ucapnya.

Sebelumnya, Sigit sempat meninjau situasi arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2024 dengan menaiki helikopter bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto. Sambil menaiki helikopter, Sigit dan Hadi meninjau arus mudik dan balik di Pelabuhan Merak, Banten, pada Senin (1/4) kemarin.

Diketahui, Polri telah menyiapkan operasi khusus untuk mengamankan pelaksanaan Lebaran 2024 yang dinamakan Operasi Ketupat 2024. sekitar 155.165 personel gabungan turut tergabung dalam Operasi Ketupat untuk mengamankan pelaksanaan mudik Lebaran tahun ini.

Polri juga menyiapkan sekitar 5.784 pos pelayanan dan pos pengamanan di sejumlah titik selama masa Lebaran 2024. Pos tersebut disebar di berbagai tempat baik di jalan tol, rest area, hingga tempat wisata.

"Tadi digelar kurang lebih 5.784 pos yang nanti akan disiapkan untuk memberikan pelayanan. Apakah itu di jalan tol, di rest area dan kemudian yang di arteri, dan juga termasuk jalur-jalur yang kita persiapkan untuk memberikan pengamanan di wilayah wilayah wisata," kata LSigit pada Senin (25/3) lalu.

9