Home Gaya Hidup TNI AL Gelar Buka Puasa Bersama Ojol dan Masyarakat Pesisir di Marunda

TNI AL Gelar Buka Puasa Bersama Ojol dan Masyarakat Pesisir di Marunda

Jakarta, Gatra.com – TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menggelar buka puasa bersama dengan komunitas ojek online dan masyarakat pesisir di Masjid Ar Rahmad, Pasmar 1, Marunda, Jakarta Utara, Selasa (2/4).

Panglima Komando Armada RI, Laksamana Madya TNI Dr. Denih Hendrata, dalam sambutannya mengatakan, acara buka puasa bersama ini dalam rangka mempererat tali silaturahmi.

"Acara buka puasa ini tidak lain bertujuan mempererat tali silaturahmi keluarga besar TNI Angkatan Laut dengan masyarakat pesisir wilayah Cilincing, Jakarta Utara, beserta saudara-saudara ojek online serta untuk mengingatkan kita semua agar terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT," ucapnya.

Aktivitas bulan Ramadan ini, lanjut Jenderal Bintang Tiga ini, bukanlah sebatas melaksanakan rutinitas tahunan dengan hanya menahan lapar dan dahaga saja, tetapi menjadi ajang meningkatkan kualitas spiritual dan sosial kemasyarakatan.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada BAZNAS RI atas kolaborasinya bersama TNI AL menyelenggarakan acara ini. Semoga Allah Ta'ala menerima amal ibadah kita dan kita mendapat rahmat dan maghfiroh dari Allah SWT," harapnya.

Sementara itu, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA., menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada TNI AL yang turut berpartisipasi dalam program buka puasa bersama dengan komunitas ojek online dan masyarakat pesisir.

"Alhamdulillah, TNI AL bersama BAZNAS melakukan program-program solidaritas sosial melalui buka bersama ojek online dan masyarakat pesisir Marunda," ujar Saidah.

"Kami menyediakan 2.000 paket ZFood dan 2.000 porsi makanan untuk berbuka puasa, juga nanti ada santunan berupa 1.000 paket logistik keluarga," lanjutnya.

Saidah mengungkapkan, kegiatan ini merupakan inisiatif Ketua BAZNAS RI bersama KSAL untuk menyempurnakan ibadah dan amalan di bulan suci Ramadan, yakni dengan menyalurkan zakat dari para muzaki untuk mustahik di wilayah pesisir Marunda.

"Acara ini merupakan inisiatif Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Ahmad MA dan Bapak KSAL. Namun saat ini beliau berhalangan hadir karena sedang berada di Rafah untuk memantau langsung pengiriman bantuan makanan kepada rakyat Gaza, mohon doa untuk beliau," ucap Saidah.

Selain itu, Saidah juga mengajak prajurit TNI AL dan masyarakat untuk menyempurnakan bulan Ramadan ini dengan membayarkan zakat fitrah dan zakat maal melalui BAZNAS.

"Bulan Ramadan ini perlu kita sempurnakan dengan menunaikan zakat maal dan zakat fitrah. Untuk zakat fitrah di BAZNAS besarannya 2,5 kilogram beras atau setara Rp45.000. Mari kita tutup amalan-amalan Ramadan ini dengan melaksanakan zakat," ajaknya.

Dalam kegiatan buka puasa ini disediakan 2.000 paket ZFood BAZNAS, 2.000 porsi makanan berbuka yang dimasak oleh Juara 2 Masterchief Season 10, Fahmi Prachaya Ruangroj.

Selain itu, turut dibagikan 1.000 paket logistik keluarga dari BAZNAS berisi beras, susu, minyak goreng, kornet, dan biskuit untuk pengemudi ojek online dan masyarakat pesisir di Marunda.

44