Home Nasional Menhub Apresiasi Polri Adakan Mudik Gratis Tahun 2024

Menhub Apresiasi Polri Adakan Mudik Gratis Tahun 2024

Jakarta, Gatra.com- Polri mengadakan program Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2024. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terharu dan senang terkait terselenggaranya program tersebut.

"Saya terharu dan senang karena Polri TNI mengadakan mudik gratis. Jadi bukan saja Kemenhub atau BUMN. Bukan merupakan fungsi Kapolri tapi melakukan," kata Budi Karya di Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4).

Budi juga mengapresiasi beberapa rangkaian yang dilakukan untuk memastikan kegiatan mudik gratis berjalan aman. Termasuk salah satunya, melakukan tes narkoba dan kesehatan kepada para sopir untuk memastikan perjalanan berjalan lancar.

"Bahkan yang saya apresiasi mereka yang akan mudik sopir nya dilakukan tes narkoba tes darah dan tensi jadi memastikan keselamatan. Jadi sekali lagi apresiasi semoga apa yang diamanahkan bapak Presiden (Joko Widodo) bisa kita jalankan dengan baik," ujarnya.

Program Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2024 ini sendiri dibuka langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Menhub Budi Karya Sumadi, dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Pelepasan pemudik dilakukan di Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4).

Kakorlantas Irjen Aan Suhanan mengatakan program mudik gratis dari Polri tahun ini diikuti oleh 58.35 orang. 1.167 armada bus dikerahkan dengan wilayah tujuan mencapai 17 kabupaten dan kota.

"Selain di Jakarta, pelaksanaan mudik gratis ini juga dilaksanakan di 19 polda jajaran, dengan jumlah pemudik 58.350 orang dan jumlah angkutan 1.167 bis," kata Aan di Monas.

Aan mengatakan ada lonjakan yang masif dari jumlah pemudik di Lebaran 2024 dibandingkan tahun lalu. Warga yang pulang kampung diperkirakan mencapai 193,6 juta. Program mudik gratis ini diharapkan mampu mengurangi lonjakan kendaraan pemudik tahun ini.

Para peserta mudik gratis ini berasal dari 19 provinsi mulai dari Aceh hingga Nusa Tenggara Barat. Sementara kota dan kabupaten tujuan yang berjumlah 17 berada di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

"Kemudian, tujuan mudik ada ke 4 provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur yang nantinya akan tersebar di 17 kota Tujuan Mudik Gratis Polri Presisi tahun 2024 ini," ujarnya.

10