Home Regional Tempat Penampungan Minyak Mentah Terbakar

Tempat Penampungan Minyak Mentah Terbakar

Blora, Gatra.com- Kebakaran terjadi di sekitar lokasi penampungan minyak mentah di Desa Plantungan Kabupaten Blora, Jawa Tengah Ahad dini hari tadi, (7/4). Akibatnya 50 ton minyak mentah turut terbakar.

Kasatrekrim Polres Blora AKP Selamet menungkapkan, kebakaran yang menyebabkan puluhan ton minyak mentah terbakar itu dipicu konsleting arus listrik di salah satu rumah warga yang berada tak jauh dari lokasi penampungan minyak mentah.

"Kebakaran itu terjadi di rumah Bapak Asnawi. Rumah dari kayu ukuran 10 x 3,5 meter dan yang terbakar itu sepertiga rumah. Lalu akibat kebakaran itu ada perabotan rumah, kulkas dan satu ekor kambing. Tadi hasil olah TKP diduga kebakaran akibat konsleting listrik, diduga kabel yang digunakan kabel serabut tidak standard SNI," kata Selamet saat press rilis di Mapolres Blora, Ahad (7/4).

Menurut Selamet, Kebakaran tersebut merembet hingga ke lokasi penampungan minyak yang jaraknya sekitar 3 sampai 4 meter.

"Jadi tempat kebakaran itu kebetulan sebelahnya adalah penampungan minyak mentah yang dikelola warga masyarakat dan itu sudah berjalan sejak 5 sampai 10 tahun yang lalu. Kerugian masih kita lakukan penyelidikan. Jarak sekitar 3 sampai 4 meter dari lokasi kebakaran rumah tersebut," lanjutnya.

Akibat dari kebakaran tersebut, dikatakan Selamet, puluhan ton minyak mentah yang ditampung di lokasi ikut terbakar. "Kalau informasi awal tadi dari masyarakat itu ada 50 ton yang ditampung itu," katanya.

Polisi saat ini masih melakukan penyelidikan soal aktivitas penampungan minyak tersebut. Mengingat kegiatan itu berlangsung sudah cukup lama.

"Kalau kegiatan legal atau illegal terkait kegiatan masyarakat itu karena sudah berlangsung lama, kami pun juga akan melakukan penyelidikan terkait kegiatan masyarakat itu," ungkapnya.

23