Home Nasional Polisi Ungkap Kronologis Awal Kecelakaan KM 58

Polisi Ungkap Kronologis Awal Kecelakaan KM 58

Jakarta, Gatra.com - Pihak kepolisian mengungkapkan kronologi kecelakaan lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek KM 58, Senin (8/4). Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan bahwa awal mula kecelakaan dipicu mobil oleng di jalur contraflow.

"Daihatsu GrandMax ini datang dari arah Jakarta menuju ke timur menggunakan contraflow di TKP. Menurut pantauan sementara dari CCTV, mobil itu oleng ke kanan sehingga menabrak bus dan kendaraan lainnya yang ada di belakang bus," ujarnya di RSUD Karawang, Senin (8/4).

Kronologis awal ini masih akan terus diselidiki lebih lanjut. Dari olah TKP secara keseluruhan, tim gabungan Polda dan Mabes Polri serta Korlantas akan berupaya menemukan penyebab kecelakaan. Diketahui, kecelakaan ini melibatkan dua kendaraan pribadi yaitu Daihatsu GrandMax dan Daihatsu Terios, serta satu bus.

Ia menyebut bahwa proses analisis menggunakan metode Traffic Accident Analysis atau TAA akan diterapkan. Metode ini merupakan metode analisis komprehensif tentang kecelakaan lalu lintas oleh berbagai ilmu, dan diperoleh laporan analisis kecelakaan lalu lintas. Dalam waktu cepat diharapkan dapat mengidentifikasi penyebab kecelakaan yang terjadi.

Potensi pemeriksaan sopir untuk menemukan kejelasan kronologis juga terbuka lebar. Namun, ia menegaskan bahwa fokus saat ini adalah penanganan korban terlebih dahulu.

"Tentu untuk penyelidikan akan terus berjalan. Intinya kami prihatin atas kejadian ini, kami menyampaikan duka yang mendalam kepada korban kecelakaan lalu lintas ini," pungkasnya.

Seperti diketahui, kecelakaan lalu lintas yang terjadi di KM 58 dari arah Bandung ke Jakarta ini terjadi pukul 07.04 WIB. Hingga saat ini, kecelakaan ini menimbulkan hingga 13 korban jiwa.

96