Home Ekonomi BAZNAS Distribusikan 137 Ribu Paket Zakat Fitrah ke Berbagai Wilayah

BAZNAS Distribusikan 137 Ribu Paket Zakat Fitrah ke Berbagai Wilayah

Jakarta, Gatra.com - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menyalurkan 137 ribu paket beras zakat fitrah 1445 H berupa beras premium seberat 5 kg untuk para penerima manfaat atau mustahik di 38 provinsi di seluruh Indonesia.

Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan, menyampaikan, distribusi 137 ribu paket beras zakat fitrah ini merupakan bukti konkret BAZNAS dalam menunaikan amanah dengan sebaik-baiknya.

"Alhamdulillah telah dilaksanakan giat program pendistribusian zakat fitrah untuk masyarakat keluarga miskin sebanyak 137 ribu paket beras premium ke berbagai wilayah di Indonesia sejak Selasa, 4 April 2024," ujar Saidah dalam keterangannya di Jakarta, dikutip pada Selasa (9/4).

"Ini merupakan bukti konkret BAZNAS terus menjaga amanah dan tanggung jawab yang diberikan para muzaki untuk disalurkan kepada para mustahik," sambungnya.

Menurut Saidah, paket beras zakat fitrah BAZNAS menjangkau wilayah-wilayah yang sulit dilalui, seperti di Provinsi Kalimantan Utara. Pendistribusian zakat fitrah di sana dilakukan dengan menggunakan speed boat hingga ke beberapa wilayah perdesaan di pedalaman.

"Penyaluran zakat fitrah sebanyak 110 pack di Kampung Sarimulya, Desa Jayasari, Kec. Cimarga, Kab. Lebak, Banten [Desa Baduy Mualaf]. Di wilayah Jawa Barat dan Sulawesi Selatan, zakat fitrah didistribusikan langsung ke rumah-rumah penduduk hingga ke masyarakat pekerja rentan," katanya.

Untuk memastikan mutu dan kualitas, Saidah mengungkapkan, BAZNAS memberdayakan para petani lokal, sehingga bisa memberikan pemerataan ekonomi dan beras yang dihasilkan pun terjamin.

"Dalam menyukseskan program pengadaan beras zakat fitrah 1445 H, BAZNAS RI memberdayakan para petani lokal, sehingga dapat memberikan kesejahteraan yang merata di tengah masyarakat," katanya.

Dia berharap, pendistribusian zakat fitrah ini dapat memberikan berkah yang berlimpah bagi penerima manfaat dan penyempurna amalan ibadah di bulan yang penuh berkah ini.

"Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi setiap langkah kita dalam berbagi rezeki dan memberikan kemudahan serta keberkahan dalam setiap amal kebaikan yang kita lakukan," ucapnya.

18