Home Olahraga Hanya Tiga Hari, Penggawa Persib Maksimalkan Liburan Lebaran

Hanya Tiga Hari, Penggawa Persib Maksimalkan Liburan Lebaran

Bandung, Gatra.com - Persib Bandung hanya memberikan waktu libur Hari raya Idulfitri selama tiga hari mengingat Maung Bandung harus menghadapi Persita Tangerang pada pertandingan pekan ke-31 Liga 1 2023/2024, pada Senin (15/4) mendatang.

Kiper muda Persib Bandung, Fitrah Maulana mengaku libur tiga hari tersebut rencananya akan dimanfaatkan untuk mudik ke kampung halamannya di Cisewu, Garut. Walau singkat, Fitrah mengaku akan memaksimalkannya untuk berkumpul bersama keluarganya.

"Bagi-bagi waktu saja. Mungkin hanya untuk bisa kumpul keluarga di hari Idulfitri dan kembali lagi ke Bandung," ujarnya.

Ia menegaskan akan tetap siaga saat libur Hari raya Idulfitri 1445 H. Bahkan, pada masa liburan tiga hari yang diberikan tim pelatih, ia sudah menyiapkan menu latihan individu saat momen Lebaran datang.

Fitrah mengatakan, hal itu dilakukan sebagai bentuk kesiagaan jika ia tak bisa mengontrol konsumsi hidangan khas Idulfitri yang sebagian besar berlemak dan bisa mengganggu kebugarannya.

"Makanan paling opor ayam dan ketupat. Saya tentunya jaga-jaga juga, tidak berlebihan. Kalau tidak terkontrol harus siap dengan latihan berat setelahnya," kata Fitrah.

Sementara gelandang Persib Abdul Aziz memilih akan memaksimalkan hari raya denganmelepas rindu dengan sanak saudara dan mencicipi hidangan khas Idulfitri. Selain itu momen penting lainnya bagi Aziz adalah ziarah ke makam orang tuanya.

"Pagi setelah salat Id, ziarah ke makam orang tua dan kumpul keluarga di rumah," ucapnya.

Aziz mengaku memlilih menunda liburannya di Hari Raya Idulfitri 1445 H. Dengan jatah libur tiga hari, Aziz mengaku tidak bisa leluasa merencakanan liburan bersama keluargannya. Karena itu, akan menunda liburannya hingga akhir kompetisi.

Ia mengatakan, semua pemain harus fokus menatap setiap pertandingan. Sebab, Persib menargetkan lolos ke babak championship series Liga 1 2023/2024 dan meraih hasil terbaik di akhir musim.

Maka itu Aziz memilih fokus menjaga kondisi dan maksimal dalam setiap sesi latihan. Pemain bernomor punggung 8 ini tak mau kebugarannya menurun saat tim membutuhkannya.

"Mungkin liburannya ditunda ke waktu lain. Lebaran tahun ini di Bandung saja kumpul keluarga. Maksimalkan waktu untuk jaga kondisi juga," kata Aziz.

Sebelumnya, Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak memberikan pesan untuk pemainnya saat menjalani libur Hari raya Idulfitri. Ia meminta seluruh anggota skuadnya memaksimalkan libur tiga hari untuk berkumpul bersama keluarga tanpa melupakan tugas menjaga kebugaran.

Sebelum libur, para penggawa Persib mendapatkan menu latihan cukup berat. "Saya memberi mereka libur karena (sebelumnya) kami berlatih keras dan mereka banyak berlari," kata Bojan.

Bojan mengatakan, pada masa liburan tiga hari, pemain bisa memanfaatkan dua hari untuk libur sambil pemulihan, dan satu hari lagi memulai latihan ringan.

"Hari ketiga mereka bisa melakukan sedikit pemanasan atau yang lainnya agar nanti ketika kembali (berlatih) mereka sudah siap kembali," ucapnya.

23