Home Nasional Arus Balik Lebaran Mulai Terjadi, 46 Ribu Penumpang Kereta Padati Stasiun Pasar Senen dan Gambir

Arus Balik Lebaran Mulai Terjadi, 46 Ribu Penumpang Kereta Padati Stasiun Pasar Senen dan Gambir

Jakarta, Gatra.com - Arus balik Lebaran mulai terlihat di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Manager Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta l, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, per hari ini, Sabtu (13/4), diperkirakan ada 46 ribu penumpang yang masuk ke Jakarta melalui Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

“Untuk saat ini adalah pasca lebaran di mana penumpang yang dari kota-kota lain atau dari daop lain menuju ke wilayah daop 1 khususnya turun di Stasiun Pasar Senen dan di Stasiun Gambir, itu untuk kedatangan hari ini sebanyak 46.474,” ucap Ixfan Hendriwintoko saat memberikan keterangan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (13/4).

Ixfan memprediksi, puncak arus balik Lebaran akan terjadi selama tiga hari, yaitu dari Sabtu (13/4) hingga Senin (15/4). Ia mengatakan, volume penumpang yang akan tiba, juga kurang lebih sama dengan hari ini, yaitu di kisaran antara 44-46 ribu penumpang per hari.

“Bisa juga hari Minggu-nya cukup tinggi karena waktunya untuk masuk kerja kan masih ada, masih libur,” kata Ixfan.

Pada H+2 Lebaran, angka keberangkatan penumpang dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen masih terhitung tinggi. Ixfan menyampaikan, berdasarkan data per 08.00 WIB hari ini, tercatat ada 35 ribu penumpang yang berangkat dari kedua stasiun ini.

“Untuk pemudik yang pasca Lebaran masih ada 35 ribu penumpang, di antaranya yang berangkat dari Stasiun Gambir adalah 11.300 (orang). Kemudian, yang dari Stasiun Pasar Senen sebanyak 23.550 (orang),” jelas Ixfan.

Jika dibandingkan dengan hari biasa, angka keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen maupun Stasiun Gambir pada masa Lebaran hingga pasca Lebaran terbilang melonjak tinggi.

Ixfan mengatakan, pada masa normal atau di luar masa lebaran, volume keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen hanya di kisaran 9-10 ribu penumpang. Sementara, untuk di Stasiun Gambir hanya sekitar 4-6 ribu penumpang per hari.

15