Home Nasional Korlantas Polri Bikin Skema Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek

Korlantas Polri Bikin Skema Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek

Jakarta, Gatra.com - Arus balik lebaran sudah dimulai sejak Sabtu (13/4). Rekayasa lalu lintas (lalin) contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta pun diberlakukan demi mengurai peningkatan volume lalu lintas saat arus balik lebaran 2024.

"Penambahan armada safety car atau kendaraan pengawalan untuk memantau batas kecepatapan di jalur contraflow dilakukan," ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan, dikutip Minggu (14/4).

Aan menerangkan skema contraflow kali ini dilengkapi dengan berbagai komponen sebagai langkah untuk mengawal arus balik kendaraan. Selain penambahan kendaraan, polisi juga menambahkan kendaraan bantuan seperti mobil derek dan ambulans yang disiagakan sepanjang lajur arus balik. Ini dilakukan dalam upaya mitigasi kecelakaan yang berpotensi terjadi.

Selain itu, upaya peningkatan infrastruktur jalan pun dilakukan dengan menambah pembatas jalan seperti traffic cone dan barrier. Hal ini semakin menegaskan adanya perbedaan lajur biasa dengan lajur contraflow.

Peningkatan penerangan jalan dengan menambah lampu pembatas di jalur juga menjadi prioritas. Ini ditujukan untuk membantu visibilitas pengendara lebih baik. Opsi untuk mengaplikasikan lampu tambahan sebagai pembatas baik di jalur contraflow maupun reguler juga terbuka sepanjang hal itu dibutuhkan.

Aan menegaskan bahwa ketaatan masyarakat terhadap aturan lalu lintas sangat diperlukan. Dengan strategi tersebut, ia berharap arus balik lebaran bisa berjalan lebih efisien dan aman bagi semua pengguna jalan.

 

10