Home Olahraga Jonatan Raih Gelar Kejuaraan Bulutangkis Asia 2024

Jonatan Raih Gelar Kejuaraan Bulutangkis Asia 2024

Jakarta, Gatra.com - Pebulutangkis Indonesia, Jonatan Christie sukses meraih gelar juara di kelas tunggal putra ajang Kejuaraan Bulutangkis Asia 2024. Dalam laga yang digelar di Ningbo Olympic Sports Center, Cina, Ahad (14/4), Jonatan menang dua gim langsung, 21-15, 21-16 melawan jagoan tuan rumah, Li Shi Feng.

Pada awal gim pertama, Li sempat memimpin tipis 4-6. Terus menyerang, Jonatan berbalik unggul 11-7. Tak lengah, pemain asal Indonesia ini terus menjaga keunggulan 15-11, 20-14. Servisnya yang gagal menyebrang menambah poin lawan, dibalas dengan serangan lob ke belakang yang disambut smash Li, namun menyangkut di net sehingga membuat gim pertama ditutup dengan kemenangan Jonatan 21-15.

Serangan Li di awal babak kedua berhasil dibalikkan menyilang oleh Jonatan yang membuatnya membuka poin pertama. Terus unggul dan minim melakukan kesalahan sendiri, pemain peringkat 5 dunia ini unggul 11-5 saat interval.

Jonatan terus mendominasi jalannya pertandingan. Bermain menekan dengan variasi serangan adu drive, adu net, hingga smash tajam menyilang yang dipadu dengan pertahanan rapat, perolehan poin Jonatan melaju hingga 14-7, 17-9. Kehilangan 5 poin beruntun, Jonatan menambah poin setelah bola pengembalian lawan keluar lapangan pertandingan.

Mendekat 19-16, pengembalian Jonatan ke arah belakang lawan yang tak berhasil diambil Li menambah keunggulan Jonatan. Poin terakhir berhasil diraih pemain asal Indonesia setelah smash lawan yang dinyatakan masuk berhasil di-challenge Jonatan yang ternyata keluar dan memastikannya mendapat gelar juara.

Hasil ini membuat Indonesia merebut satu gelar di ajang ini. Jonatan juga berhasil meraih gelar Super1000 secara beruntun setelah sebelumnya membawa pulang piala All England 2024 pada bulan Maret lalu.

14