Home Olahraga Mengawali Piala Asia U-23, Indonesia Optimis Curi Poin dari Qatar

Mengawali Piala Asia U-23, Indonesia Optimis Curi Poin dari Qatar

Doha, Gatra.com - Tim U-23 Indonesia akan mengawali langkah di Grup A Piala Asia U-23 2024 dengan menghadapi Qatar di Stadion Jassim Bin Hamad, Senin (15/4).

Pelatih Tim U-23 Indonesia, Shin Tae-yong mengaku optimistis skuad Garuda Muda dapat meraih poin saat menghadapi tim tuan rumah tersebut. Pelatih asal Korea Selatan tersebut menyatakan semua pemain menunjukkan perkembangan yang bagus dari pemusatan latihan di Uni Emirat Arab (UEA) dan Doha.

"Kami punya pengalaman yang baik. Di Dubai kami menjalani dua laga uji coba melawan Arab Saudi dan UEA. Performa kami meningkat, kepercayaan diri pemain juga meningkat," ujar Shin Tae-yong.

"Dua laga itu membantu tim kami, saya bisa mengatakan dua uji coba ini bisa mempersiapkan laga khususnya melawan Qatar dan Yordania. Kami melakukan persiapan yang baik sejauh ini," tambahnya.

Shin Tae-yong mengakui Qatar sebagai tim yang tangguh. Apalagi sejak juara Piala Asia 2019 dan 2023 mereka tim yang kuat.

"Saya rasa tim U-23 Qatar menjadi salah satu tim kuat di turnamen ini. Tentu saya harus membangun kepercayaan diri para pemain Indonesia agar bisa keluar dari tekanan dan menunjukkan kekuatan kami di ajang ini," jelas Shin Tae-yong.

Sebelum tiba di Qatar, Indonesia terlebih dahulu menggelar pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), pada tanggal 1 hingga 10 April 2024. Selama berada di sana skuad Garuda Muda dikalahkan Arab Saudi dengan skor 1-3 dan menang 1-0 atas UEA.

Setelah melawan Qatar, Indonesia menghadapi Australia (18 April) dan Yordania (21 April). Skuad Garuda Muda diharapkan melaju ke babak semifinal, sekaligus menjaga peluang lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Juara, runner-up, dan peringkat ketiga terbaik Piala Asia U-23 2024 berhak mentas di Olimpiade Paris 2024. Sedangkan posisi empat besar harus menjalani play-off melawan peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023, Guinea.

36