Home Ekonomi Ekonomi China Naik 5,3%, Airlangga: Investasi Diharapkan Terus Berjalan

Ekonomi China Naik 5,3%, Airlangga: Investasi Diharapkan Terus Berjalan

Jakarta, Gatra.com - Di tengah konflik panas di Timur Tengah antar Iran dan Israel, perekonomian China dikabarkan meningkat menjadi 5,3% kuartal I-2024. Pertumbuhan tersebut jauh dibanding dengan perkiraan awal yakni sebesar 4,6%

Terkait hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap investasi antara China dan Indonesia akan terus berjalan.

“China tentu pertumbuhannya baik, dan tentu investasi tetap kita harapkan akan terus berjalan,” kata Airlangga dalam acara halalbihalal Kemenko Perekonomian di Kantornya pada Selasa (16/4).

Adapun pertumbuhan perekonomian China tersebut seiring dengan kemajuan sektor industri.

“Data China tampaknya kuat dalam berita utama, namun rinciannya lemah. Hal ini menunjukkan bahwa perekonomian membutuhkan lebih banyak dukungan,” kata kepala strategi valuta asing di Saxo Markets di Singapura, Charu Chanana, dikutip dari Bloomberg pada Selasa (16/4). 

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) mengungkapkan bahwa, saat ini momentum pemulihan ekonomi global berlanjut, di tengah ketidakpastian pasar keuangan yang masih tinggi. Pertumbuhan ekonomi global pada 2024 diprakirakan mencapai 3%.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) tetap kuat ditopang oleh permintaan domestik. India juga tumbuh lebih baik dari prakiraan didukung oleh investasi pemerintah dan swasta.

“Sementara itu, prospek ekonomi Tiongkok tetap belum kuat, meskipun sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan proyeksi sebelumnya didorong peningkatan stimulus fiskal,” kata Perry dalam konferensi pers pengumuman hasil rapat dewan gubernur bulanan bulan Maret 2024, Rabu (20/3).

Menurut Perry, harga komoditas meningkat didorong oleh naiknya biaya angkut karena ketegangan geopolitik dan ketatnya pasokan akibat faktor cuaca. Berbagai perkembangan tersebut mengakibatkan laju penurunan inflasi global tertahan, dengan inflasi di negara maju masih di atas targetnya.

23