Home Nasional Menko PMK Minta Dukungan Wapres untuk Bangun Buffer Zone KM 97 Tol Arah Merak

Menko PMK Minta Dukungan Wapres untuk Bangun Buffer Zone KM 97 Tol Arah Merak

Jakarta, Gatra.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkap rencana pembangunan buffer zone di KM 97 di Jalan Tol arah Merak untuk mengatasi potensi kemacetan mudik tahun depan.

Rencana pembangunan ini Muhadjir lebih dahulu sampaikan ketika ia mengunjungi Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin di Kediaman Dinas Wapres yang beralamat di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

“Saya juga memohon dukungan beliau (Wapres) untuk segera merealisasikan KM 97 arah Jakarta-Merak yang tahun depan, kalau itu bisa sudah jadi bisa dijadikan buffer zone,” ucap Muhadjir Effendy saat konferensi pers di Kediaman Dinas Wapres, Jakarta Pusat, Rabu (17/4).

Muhadjir menjelaskan, buffer zone ini nantinya akan digunakan untuk melakukan screening terhadap kendaraan-kendaraan yang akan masuk ke Pelabuhan Merak.

Nantinya, sebelum kendaraan masuk ke Pelabuhan Merak, tiket yang dimiliki oleh calon penumpang akan terlebih dahulu diperiksa. Sehingga, penumpang yang masuk ke area pelabuhan sudah dipastikan akan berangkat pada hari yang sama, bukan yang masih perlu menunggu satu hari lagi.

Muhadjir mengatakan, saat ini Pelabuhan Merak belum memiliki buffer zone. Hal ini menjadi salah satu penyebab terjadinya antrean panjang dan kemacetan menuju Pelabuhan Merak.

“Mudah-mudahan itu kalau ini beliau memberikan dukungan dan bisa direalisasikan Insyaallah tahun depan sudah tidak ada lagi kendaraan antre sekitar 16 kilo di tol itu,” lanjut Muhadjir.

Selain itu, Muhadjir juga melaporkan terkait penanggulangan mudik Lebaran 2024. Muhadjir mengatakan, jumlah kecelakaan yang terjadi tahun ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Kemudian, jumlah korban meninggal dunia dan korban yang cedera juga turun. Adapun, berdasarkan data dari Jasa Raharja, jumlah santunan yang dikeluarkan tahun ini menurun hingga 52 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Tentu ini suatu hal yang sangat baik walaupun memang ada beberapa peristiwa yang sangat sebetulnya kita prihatinkan (dan) tidak perlu terjadi,” lanjut Muhadjir.

Menko PMK pun menyoroti dua kecelakaan tragis yang menjadi perhatian masyarakat pada masa Mudik Lebaran tahun ini, yaitu kecelakaan di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek yang menyebabkan 12 orang meninggal dunia. Dan juga, kecelakaan bus Rosalia Indah di KM 370 Tol Semarang-Batang yang memakan 8 orang korban jiwa.

Selain membahas dan memberikan laporan terkait kasus-kasus terkini, kedatangan Muhadjir ke kediaman dinas Wapres adalah untuk silaturahmi Lebaran 1445 H. Pertemuan antara Wapres Ma'ruf Amin dan Menko PMK Muhadjir Effendy berlangsung secara tertutup.

23