Home Nasional Survei LSI: 40,1% Masyarakat Kawal Kasus Korupsi PT Timah

Survei LSI: 40,1% Masyarakat Kawal Kasus Korupsi PT Timah

Jakarta, Gatra.com - Kasus korupsi PT Timah yang diusut Kejaksaan Agung mendapat respons masyarakat. Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan menyebut sebanyak 40,1% masyarakat mengetahui adanya kasus ini.

"Banyak yang mengikuti isu ini. Mungkin karena dua hal, fantastis karena (yang diproyeksi merugi) Rp271 triliun, serta karena melibatkan selebriti," ujarnya di Jakarta, Kamis (18/4).

Sebanyak 76,5% masyarakat yang mengikuti kasus ini benar-benar percaya bahwa nilai kerugiannya mencapai Rp271 triliun. Ini merupakan nominal sangat besar yang menyedot perhatian masyarakat.

Keterlibatan tokoh populer juga menjadikan kasus ini terus diikuti masyarakat. Salah satu tokoh yang telah ditetapkan menjadi tersangka adalah Harvey Moeis, atau lebih dikenal sebagai suami artis Sandra Dewi. 89,6% yang mengikuti kasus ini mengetahui nama itu. Serta, sejumlah 84,2% percaya bahwa dia terlibat.

Tokoh lain yang cukup populer dan menjadi tersangka adalah Helena Liem. Sebesar 90,3% percaya bahwa dia benar-benar terlibat dalam kasus korupsi ini.

Langkah Kejaksaan Agung ini juga menjadi hal positif di masyarakat. Ini terbukti dengan tingginya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Kejaksaan Agung yang mencapai 75%, tertinggi bila dibandingkan lembaga penegak hukum lainnya.

"Kalau melihat trennya, setelah pemilihan umum 2024 terdapat kenaikan kepercayaan terhadap lembaga negara. Masyarakat tampaknya masih memberi kepercayaan terhadap Kejaksaan Agung akan mengusut tuntas kasus ini," katanya.

Survei ini dilakukan pada 7-9 April 2024 menggunakan metode random digit dialing (RDD) dengan total 1.213 responden. Tingkat kepercayaan berada di 95%, dengan margin of error sebesar 2,9%.

32