Home Ekonomi Menko Luhut Janji Beri Insentif Besar ke Microsoft Usai Investasi Rp 27,6 Triliun ke RI

Menko Luhut Janji Beri Insentif Besar ke Microsoft Usai Investasi Rp 27,6 Triliun ke RI

Jakarta, Gatra.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan berjanji, Microsoft tidak akan menyesal berinvestasi atau menamankan modal senilai US$1,7 miliar atau sekitar Rp27,6 triliun (asumsi kurs Rp16.249 per 29 April 2024) ke Tanah Air.

Luhut mengatakan, Pemerintah akan memberikan insentif atau keuntungan lannya yang lebih besar dibanding dengan negara India dan Thailand.

“Saya pikir jika Anda berinvestasi di Indonesia, Microsoft, Anda tidak akan menyesal, saya janjikan, karena insentif apa pun yang Anda dapatkan di mana pun, Anda bisa mendapatkannya di sini,” kata Luhut dalam acara Microsoft AI Day, di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (30/4).

“Insentif apa yang Anda dapatkan di India, Anda dapatkan di Thailand, di mana saja, kita bisa bertarung dengan mereka. Kami dapat memberikan yang lebih baik daripada insentif,” lanjut Luhut.

Dalam kesempatan itu, Luhut juga berjanji bahwa Pemerintah Indonesia tidak akan memberikan mempersulit investor yang ingin menanamkan modalnya ke tanah air.

“Kirimkan tim Anda untuk mengunjungi kami dan kami dapat mendiskusikan secara rinci tentang investasi Anda di Indonesia dan kami akan dengan senang hati mengakomodirnya,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Microsoft mengumumkan secara resmi akan berinvestasi ke Indonesia sebesar US$1,7 miliar atau setara dengan Rp27,6 triliun. Investasi tersebut akan dilakukan selama empat tahun ke depan untuk membangun infrastuktur Cloud dan pengembangan Kecerdasan Buatan (AI) di tanah air.

CEO Microsoft Satya Nadella mengatakan, investasi ini merupakan investasi tunggal terbesar dalam 29 tahun sejarah Microsoft di RI. Nantinya, investasi ini akan memberikan kesempatan keterlampilan AI bagi 840.000 orang dan dukungan terhadap komunitas developer dalam negeri yang terus berkembang.

“Generasi baru AI ini mengubah cara hidup dan bekerja setiap orang di mana pun, termasuk di Indonesia,” ujar Satya dalam Microsoft AI Day, di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (30/4).

Investasi infrastruktur digital ini merupakan kelanjutan dari inisiatif Berdayakan Indonesia yang Microsoft umumkan pada Februari 2021 silam, hal ini untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi inklusif. Termasuk di dalam inisiatif tersebut yaitu rencana untuk mendirikan wilayah datacenter pertama perusahaan di Indonesia.

32