Home Teknologi Microsoft Bakal Beri Pelatihan AI ke 2,5 Juta Orang di ASEAN hingga 2025

Microsoft Bakal Beri Pelatihan AI ke 2,5 Juta Orang di ASEAN hingga 2025

Jakarta, Gatra.com - CEO Microsoft Satya Nadella mengumumkan bahwa, akan memberikan pelatihan peningkatan keterampilan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) bagi 2,5 juta orang di negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) hingga tahun 2025.

Nadella mengatakan, nantinya pelatihan ini akan diberikan melalui kemitraan dengan pemerintah, organisasi nirlaba dan korporat, serta komunitas di negera ASEAN seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, serta Vietnam.

“Jadi saya sangat senang mengumumkan bahwa kami Microsoft akan melatih dua setengah juta orang yang bergabung di seluruh wilayah ASEAN,” kata Nadella dalam acara Microsoft AI Day, di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (30/4)

Dalam kesempatan itu, Nadella mengatakan dalam peltihan itu, akan ada sekitar 840.000 orang yang ada di Indonesia akan menerima pelatihan AI tersebut.

“Bahkan 840.000 orang di sini, di Indonesia saja. Jadi kami sangat gembira dengan inisiatif penskalaan ini,” jelas Nadella.

Lebih lanjut, program pelatihan pengembangan AI ini nantinya akan diberikan kepada siswa sekolah menengah kejuruan melalui program AI Teach for Indonesia. Lalu, peluang dan dukungan untuk membangun karier di bidang keamanan siber bagi perempuan melalui program Ready4AI&Security.

Kemudian, pelatihan kefasihan AI untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan kerja bagi generasi muda dari komunitas yang kurang terlayani dan kurang terwakili. Hingga program pengetahuan dan keterampilan di bidang AI dan teknologi digital untuk karyawan organisasi nirlaba.

Untuk diketahui, Microsoft mengumumkan secara resmi akan berinvestasi ke Indonesia sebesar US$1,7 miliar atau setara dengan Rp27,6 triliun. Investasi tersebut akan dilakukan selama empat tahun ke depan untuk membangun infrastuktur Cloud dan pengembangan Kecerdasan Buatan (AI) di tanah air.

Investasi ini merupakan investasi tunggal terbesar dalam 29 tahun sejarah Microsoft di RI. Nantinya, investasi ini akan memberikan kesempatan keterlampilan AI bagi 840.000 orang dan dukungan terhadap komunitas developer dalam negeri yang terus berkembang.

Adapun, investasi infrastruktur digital ini merupakan kelanjutan dari inisiatif Berdayakan Indonesia yang Microsoft umumkan pada Februari 2021 silam, hal ini untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi inklusif. Termasuk di dalam inisiatif tersebut yaitu rencana untuk mendirikan wilayah datacenter pertama perusahaan di Indonesia.

37