Home Ekonomi Chandra Asri Group Boyong Tiga Penghargaan di Internasional Global CSR & ESG Summit and Awards 2024

Chandra Asri Group Boyong Tiga Penghargaan di Internasional Global CSR & ESG Summit and Awards 2024

Jakarta, Gatra.com- PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group), Perusahaan solusi kimia dan infrastruktur di Indonesia meraih tiga penghargaan pada the 16th Annual Global CSR & ESG Summit and AWARDS 2024™ yang diselenggarakan oleh The Pinnacle Group International di Hanoi, Vietnam pada 25 April 2024. Ini merupakan program penghargaan untuk CSR dan ESG paling bergengsi di tingkat Asia yang telah diselenggarakan sejak 2008.

Mengangkat tema "Generating Meaningful Impact, Unlocking Value" pada tahun ini, ajang ini menekankan pentingnya dampak nyata dan berkelanjutan dalam praktik CSR dan ESG, melalui strategi yang revolusioner, solusi mutakhir, dan inisiatif kolaboratif yang diharapkan dapat membentuk masa depan CSR dan ESG yang inovatif dan berkelanjutan.

Tiga Kategori Penghargaan yang diraih Chandra Asri Group, antara lain Best CSR & ESG Leadership Award – Kategori Platinum. Penghargaan ini berhasil diraih atas Navigasi Kepemimpinan Keberlanjutan yang bertanggung jawab melalui ESG Masterplan yang terintegrasi dengan Strategi Perusahaan.

Baca juga: Chandra Asri Raih Apresiasi Perusahaan Industri di Ajang Apresiasi “Resilience and Sustainable Industri

Kedua adalah Best Community Programme Award – Kategori Gold. Penghargaan ini berhasil diraih atas program BERSERI: Inisiatif Pemberdayaan Masyarakat melalui Pertanian Berkelanjutan yang sejahtera dan mandiri.

Ketiga Best Environmental Excellence Award – Kategori Silver. Penghargaan ini berhasil diraih atas program inovasi >100 km Aspal Plastik untuk Indonesia Asri sebagai upaya manajemen sampah plastik di Indonesia.

Menurut Direktur ESG dan Sustainability Chandra Asri Group, Phuping Taweesarp, penghargaan di bidang CSR dan ESG yang diperoleh Chandra Asri Group ini merupakan pengakuan atas komitmen Perusahaan untuk menjadi Perusahaan yang menjalankan bisnis dengan mengutamakan tanggung jawab keberlanjutan.

“Keberlanjutan bukan hanya sebuah tujuan, tetapi menjadi dasar visi strategis Perusahaan sebagai Mitra Pertumbuhan bagi Indonesia. Penghargaan ini menjadi dorongan bagi kami untuk terus berinovasi dan memberikan dampak positif bagi lingkungan, sosial, dan tata kelola,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/5).

Baca juga: Chandra Asri Group Raih Predikat Emas dan Hijau di Ajang PROPER 2023 KLHK

Chandra Asri Group mengokohkan komitmennya pada keberlanjutan melalui ESG Masterplan yang sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), pembentukan Komite Keberlanjutan yang dipimpin langsung oleh CEO, dan Pelaporan berstandar nasional dan internasional, seperti Global Reporting Initiative (GRI), TCFD, dan SASB, serta memastikan akuntabilitas dan transparansi.

Komite Keberlanjutan yang memainkan peran kunci dalam mendorong praktik-praktik berkelanjutan di dalam Perusahaan. Keterlibatan CEO Chandra Asri Group, Erwin Ciputra, dalam memimpin langsung inisiatif ini, menunjukkan besarnya komitmen kepemimpinan Perusahaan terhadap ESG dan Keberlanjutan. Partisipasi aktif CEO menekankan dedikasi untuk menjadikan keberlanjutan sebagai bagian fundamental strategi bisnis Perusahaan.

Program BERSERI, yang berhasil membawa Perusahaan memperoleh Best Community Programme Award – Kategori Gold, merupakan implementasi prinsip pertanian berkelanjutan oleh Chandra Asri Group, dengan kegiatan seperti Bank Ternak dan Peternak Plasma serta upaya pendidikan dan pengembangan produk lokal. Program ini telah memberikan dampak terhadap lebih dari 3.500.

​​​​​​Baca juga: Upaya Efisiensi Energi Chandra Asri Group Hingga Raih Predikat Emas pada Ajang PROPER 2023

Program pemberdayaan masyarakat lainnya dilakukan oleh Chandra Asri Group bekerjasama dengan Villa Ternak Indonesia. Program ini telah berhasil mendukung pemberdayaan generasi muda dan menciptakan lapangan kerja bagi 59 pemuda yang menjadi mitra peternak plasma.

Sejak dimulai pada 2021, program ini telah berhasil meningkatkan produksi ternak hingga 30% dan memberikan keuntungan bersih hingga US$2.985,52 per tahun. Para peternak plasma juga dilatih untuk menanam Rumput Gajah dan memanfaatkan kotoran domba sebagai pupuk.

Dalam penerapan Ekonomi Sirkular, Chandra Asri Group berhasil berkontribusi pada pengelolaan Dampak Lingkungan dengan mencapai 120,8 km Aspal Plastik, melebihi target awal, yakni 100 km di tahun 2023. Gelaran aspal plastik tersebut tersebar di berbagai kota dan wilayah, seperti Cilegon, Depok, Garut, Tangerang Selatan, Marunda, Bogor, Tegal, Semarang, dan Kudus.  Program “Aspal Plastik untuk Indonesia Asri” ini berhasil mengelola total 434.637 ton sampah plastik dari TPA pada akhir 2023.

Selain itu, inovasi Aspal Plastik yang mengantarkan Chandra Asri Group memperoleh Best Environmental Excellence Award - Kategori Silver ini juga berhasil meningkatkan perekonomian 11.967 pemulung. Jika proyek ini diterapkan secara nasional dalam jangka panjang, setidaknya kita akan dapat mengelola 604,502 miliar kantong plastik bekas dan 879,570 ton limbah plastik, sehingga menghasilkan pengurangan emisi CO2eq sebesar 3,74 juta kg.

98