Home Regional Puluhan ASN Mendaftar jadi Anggota PPK Pilkada 2024

Puluhan ASN Mendaftar jadi Anggota PPK Pilkada 2024

Blora, Gatra.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora menyebut ada puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mendaftar dan mengikuti tes Computer Assisted Tes (CAT), sebagai anggota Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2024.

Komisioner KPU Blora Ahmad Mustakim mengungkapkan dari 240 pendaftar yang mengikuti tes CAT sebanyak 50 diantaranya berstatus sebagai ASN.

"Kalau untuk ASN dari Siakba (Sistem informasi anggota KPU dan Badan Ad Hoc) ya, itu dari 240 ada 50 pendaftar," kata Mustakim, Kamis (9/5).

Terkait keberadaan puluhan ASN tersebut, menurut Mustakim tidak ada larangan bagi ASN untuk mendaftar sebagai anggota Badan Ad Hoc KPU. Namun, Ia menyerahkan sepenuhnya kepada instansi masing-masing.

"Kalau dari KPU prinsipnya tidak ada larangan siapapun untuk mendaftar sebagai Badan Ad Hoc. Kita serahkan ke masing-masing pendaftar apabila dia dari unsur pemerintah desa ataupun ASN, itu kita kembalikan ke masing-masing pendaftar apakah itu ada izin dari pimpinan atau tidak," terangnya.

Sementara terkait tahapan pelaksaan tes, kata Mustakim, selesai tes CAT, para peserta yang lolos nantinya akan kembali melakukan tes wawancara langsung oleh KPU.

"Setelah tes ini nanti untuk tahapan selanjutnya kita lakukan tes wawancara langsung. Dari tes CAT ini nanti kita ambil 15 orang, karena sesuai kebutuhan kita," ucapnya.

Pada Pilkada 2024, lanjut Mustakim KPU membutuhkan sebanyak 80 anggota PPK yang akan ditempatkan di 16 Kecamatan.

"Kebutuhan kita untuk PPK ini sebanyak 80 orang, itu nanti di seluruh 16 kecamatan di Blora," tandasnya.

27